OPTIMASI BEBAN TERHADAP LENDUTAN PADA BALOK


Rajmi, Astika (2021) OPTIMASI BEBAN TERHADAP LENDUTAN PADA BALOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D081171002_skripsi_06-10-2021 cover1.png

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
D081171002_skripsi_06-10-2021 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D081171002_skripsi_06-10-2021 dp.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D081171002_skripsi_06-10-2021.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu elemen yang mendukung kekuatan membujur kapal adalah pelat berpenegar. Pelat berpenegar ini berfungsi untuk menahan beban yang bekerja dalam arah aksial dan lentur. Masalah dari penelitian ini adalah berapa besar lendutan pada kondisi pembebanan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tegangan dan deformasi yang terjadi pada pelat berpenegar kapal FPSO pada kondisi pembebanan maksimum yang diterima oleh pelat berpenegar di area bottom dan deck. Beban yang bekerja pada pelat berpenegar adalah aksial dan lentur. Pelat berpenegar terdiri atas dua tipe yaitu Angle-Bar dan Tee-Bar. Kondisi batas diasumsikan jepit pada sisi-sisi pelat berpenegar. Pelat berpenegar dianalisis dengan menggunakan metode numerik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode numerik bahwa tegangan dan deformasi dengan jarak gading 4500 mm pada kondisi tumpuan jepit masing-masing untuk model Tee-Bar sebesar 16,4 N/mm2 dan 3,0714 mm. Sementara untuk model Angle-Bar tegangan dan deformasi sebesar 11,51 N/mm2 dan 3,186 mm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 07 Nov 2021 20:03
Last Modified: 07 Nov 2021 20:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9007

Actions (login required)

View Item
View Item