TINGKAT KEPUASAN PASIEN PASCA PENCABUTAN GIGI DI RSGMP KANDEA FKG UH TAHUN 2013


YUNIAR AZHARI, ANNISAA (2013) TINGKAT KEPUASAN PASIEN PASCA PENCABUTAN GIGI DI RSGMP KANDEA FKG UH TAHUN 2013. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
annisaayun-1356-1-13-annis-8 1-2.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
annisaayun-1356-1-13-annis-8 COVER1.jpg

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
annisaayun-1356-1-13-annis-8 DAPUS-LAM.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
annisaayun-1356-1-13-annis-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract (Abstrak)

persepsinya terhadap pelayanan yang diterima dengan harapannya sebelum
mendapatkan pelayanan tersebut. Apabila harapannya terpenuhi, berarti pelayanan
tersebut telah memberikan suatu mutu yang luar biasa dan juga akan menimbulkan
kepuasan yang tinggi. Sebaliknya apabila harapannya itu tidak tercapai, maka diartikan
mutu pelayanan tersebut tidak memenuhi apa yang diharapkannya. Perawatan yang
dilakukan oleh operator atau mahasiswa kepanitraan akan mempengaruhi kepuasan yang
dirasakan oleh pasien. Hal ini tergantung dari kinerja mahasiswa kepantitraan yang
dipengaruhi oleh tingkat kompetensi yaitu keterampilan teknis yang dikuasai, sikap dan
keramahan mahasiswa kepanitraan saat menghadapi pasien, sarana dan prasarana yang
disediakan bagi pasien di RSGMP Kandea. Tujuan: untuk mengetahui tingkat kepuasan
pasien terhadap pelayanan pencabutan gigi di RSGMP Kandea dan untuk mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasaan pasien terhadap pancabutan gigi. Bahan
dan metode: Penelitian ini merupakan observasional deskriptif dan cross Sectional
Study.Jumlah sample sebanyak 50 orang dengan teknik pengambilan sample simple
random sampling. Alat yang digunakan dalam penelitian yaitu kuesioner dengan
menggunakan pengukuran skala likert. Kuesioner terdiri dari 13 pertanyaan dan uji yang
digunakan adalah X2 (chisquare). Hasil: dari jenis kelamin menunjukan nilai p=0.024
(p<0.05) pada hubungan antara jenis kelamin dengan tingkat kepuasan pasien.
Sedangkan nilai p=0.218 dan p=0.378 (p>0.05) terlihat pada hubungan antara tingkat
pendidikan dan jenis pekerjaan menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang
signifikan antara tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan dengan tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan pencabutan gigi. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan
antara jenis kelamin dengan tingkat kepuasan pasien. Hal ini menunjukan bahwa jenis
kelamin berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Tidak terdapat hubungan yang
signifikan antara pendidikan dan pekerjaan pasien terhadap kepuasaan yang diperoleh
pasien. Hal ini menunjukan bahwa pendidikan dan pekerjaan tidak terlalu berpengaruh
terhadap kepuasan pasien.
Kata kunci: kepuasan pasien, pencabutan gigi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 04 Nov 2021 07:46
Last Modified: 04 Nov 2021 07:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8835

Actions (login required)

View Item
View Item