MODEL KINERJA CAMPURAN ASBUTON MODIFIKASI DAN POLYETHYLENE THEREPHTHALATE (PET) MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY (RSM)


Lapian, Franky Edwin Paskalis (2021) MODEL KINERJA CAMPURAN ASBUTON MODIFIKASI DAN POLYETHYLENE THEREPHTHALATE (PET) MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY (RSM). Disertasi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D013171011_disertasi_08-10-2021 cover1.png

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D013171011_disertasi_08-10-2021 dp.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
D013171011_disertasi_08-10-2021 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D013171011_disertasi_08-10-2021.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2026.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Optimalisasi kadar plastik dan aspal dalam campuran Asbuton modifikasi yang dimodifikasi dengan polimer adalah tujuan dari insinyur dan perancang proyek jalan saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkarakterisasi dan menemukan sifat campuran Asbuton yang dimodifikasi dengan limbah plastik polyethylene therephthalate (PET) yang merupakan salah satu jenis bahan polimer. Response Surface Metodologi (RSM) diterapkan sebagai metode baru untuk mendapatkan sifat campuran pada kadar PET dan kadar bahan pengikat aspal yang yang divariasikan. Untuk membuat campuran aspal digunakan Asbuton modifikasi jenis Retona Blend 55 dengan persentase yang bervariasi (5 - 7,5% berat total campuran). Kadar PET yang bervariasi yaitu digunakan dari 0% hingga 2,5% dari berat partikel agregat. Uji Stabilitas dan flow Marshall dilakukan pada campuran. Berat jenis spesifik dan sifat volumetrik campuran juga dihitung dalam penelitian ini. RSM digunakan untuk menganalisis Marshall dan sifat volumetrik dari campuran aspal yang dimodifikasi dengan PET. Model yang dihasilkan agar sesuai dengan hasil eksperimen yang dilakukan. Seperti yang ditunjukkan dalam penelitian ini disarankan model berhasil didapatkan berdasarkan hasil eksperimen. Berdasarkan hasil yang dicapai jumlah 5,69% dari kadar Asbuton modifikasi, 3,84% kadar PET dan waktu pencampuran selama 22,54 menit ditemukan menjadi nilai optimal.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 04 Nov 2021 07:31
Last Modified: 04 Nov 2021 07:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8822

Actions (login required)

View Item
View Item