STUDI KAPASITAS DAYA ANGKUT MATERIAL DENGAN KERETA API TERHADAP ANGKUTAN BARANG/MATERIAL KORIDOR MAKASSAR PARE = ANALYSIS STUDY OF THE CHARACTERISTIC OF MAKASSAR PARE-PARE RAILROAD MATERIAL CARRYING CAPACITY


WIDIYANTORO, DIDIK (2021) STUDI KAPASITAS DAYA ANGKUT MATERIAL DENGAN KERETA API TERHADAP ANGKUTAN BARANG/MATERIAL KORIDOR MAKASSAR PARE = ANALYSIS STUDY OF THE CHARACTERISTIC OF MAKASSAR PARE-PARE RAILROAD MATERIAL CARRYING CAPACITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D012181062_tesis_01-10-2021 cover1.png

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D012181062_tesis_01-10-2021 1-2.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D012181062_tesis_01-10-2021 dp.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D012181062_tesis_01-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Didik Widiyantoro Studi Kapasitas Daya Angkut Material Dengan Kereta Api Terhadap Angkutan Barang/Material Koridor Makassar Pare (dibimbing oleh Dr.Eng.Ir. Muralia Hustim.,ST.,MT dan Prof.Ir.Sakti A. Adjisasmita.,Ms.M.Eng.Sc.,PhD)
Komitmen pemerintah untuk melakukan pembangunan infrastruktur skala besar ditambah dengan terus meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal, bisa menjadikan Indonesia salah satu pasar konstruksi terbesar di dunia akan membuat kebutuhan pasar semen dalam negeri diperkirakan akan terus meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik daya dukung material KA Makassar Pare-pare daya dukung dari pelabuhan Garongkong ke Pabrik Semen Bosowa. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menyebarkan kuesioner kepada responden secara pribadi. Hasil yang diperoleh adalah karakteristik berdasarkan waktu tempuh responden yang memiliki frekuensi terbanyak dengan waktu tempuh 2-3 jam dan >5 jam dengan persentase 34,12%. Kemudian berdasarkan karakteristik responden pengiriman barang memiliki frekuensi pengiriman paling banyak meliputi jenis barang batu kapur, jumlah barang yang dikirim 13 ton, dan frekuensi pengiriman barang 4 sampai 5 kali serta pemilihan moda pengiriman barang. material/barang yang paling sering diangkut dengan menggunakan truk.
Kata Kunci: Pelabuhan Garongkong, Pabrik Semen Bosowa, Waktu tempuh, Kereta Api, Truk

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:37
Last Modified: 04 Nov 2021 01:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8787

Actions (login required)

View Item
View Item