ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PERTIWI MAKASSAR


ANGGI RARA S, ELVIRA (2013) ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PERTIWI MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
elviraangg-1458-1-13-elvir-0 COVER1.jpg

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
elviraangg-1458-1-13-elvir-0 1-2.pdf

Download (931kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
elviraangg-1458-1-13-elvir-0 DAPUS-LAM.pdf

Download (708kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
elviraangg-1458-1-13-elvir-0.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien pada
Rumah Sakit Ibu dan Anak Pertiwi
The Analysis of Service Quality Effect to The Patients Satisfaction in Ibu
dan Anak Pertiwi’s Hospital
Elvira Anggi Rara Sinang
Dr. Muh. Yunus Amar, SE., MT
H. Muh. Sobarsyah, SE., M.Si
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan
khususnya berdasarkan dimensi kualitas jasa yaitu terdiri dari variabel-variabel :
reliability (keterandalan),responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan),
empathy (empati),
dan tangible (nyata) serta kepuasan pasien. Variabel-variabel tersebut
digunakan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pasien di Rumah Sakit Ibu dan Anak Pertiwi. tujuan dari penelitian ini adalah 1)
Untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan berupa reliability
(keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), empathy
(empati), dan tangible (bentuk fisik) terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit
Ibu dan Anak Pertiwi. 2) Untuk mengetahui dimensi/variabel kualitas pelayanan
yang paling besar pengaruhnya anak pertiwi terhadap kepuasan pasien di
Rumah Sakit Ibu dan Anak Pertiwi.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Slovin,
dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan validitas,
reliabilitas, analisis regresi berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel reliability (kehandalan),
responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan) dan emphaty (empati)
berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Variabel tangible (bentuk fisik), tidak
berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Variabel yang paling berpengaruh
adalah variabel responsiveness (ketanggapan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 04 Nov 2021 00:59
Last Modified: 28 Nov 2023 06:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8760

Actions (login required)

View Item
View Item