PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA KIJANG INNOVA PADA PT. HADJI KALLA CABANG POLMAN


B, ALFIAN (2012) PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA KIJANG INNOVA PADA PT. HADJI KALLA CABANG POLMAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
alfianb-1469-1-12-alf-n COVER1.jpg

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
alfianb-1469-1-12-alf-n 1-2.pdf

Download (916kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
alfianb-1469-1-12-alf-n DAPUS-LAM.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
alfianb-1469-1-12-alf-n.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
ALFIAN B, A21107020. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap
Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova pada PT.
Hadji Kalla cabang Polman. (dibimbing oleh Dr. Ria Mardiana, M.Si dan
Dra. Hj. Djumidah Maming, M.Si)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra
merek (brand image) terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil Toyota
Kijang Innova pada PT. Hadji Kalla cabang Polman.
Penelitian ini dilaksanakan di PT. Hadji Kalla cabang Polman. Model
penelitian yang digunakan yakni dengan metode observasi, wawancara, kuesioner
dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan
penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode analisis regresi
linear berganda, dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji F dan uji t.
Kemudian menggunakan perhitungan korelasi untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh dan signifikansi citra merek (brand image) terhadap pengambilan
keputusan pembelian mobil Toyota Kijang Innova.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek (brand
image) yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, dan
keunikan asosiasi merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
pengambilan keputusan pembelian mobil Toyota Kijang Innova pada PT. Hadji
Kalla cabang Polman. Diperoleh persamaan Y = 0,264X1 + 0,353X2 + 0,276X3,
yang memiliki arti bahwa variabel citra merek (brand image) yang terdiri dari
keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan uji statistik bahwa
variabel citra merek yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek, kekuatan
asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek secara bersama-sama (simultan-uji
F) memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel keputusan pembelian.
Berdasarkan uji t, hasil yang diperoleh bahwa semua variabel citra merek (brand
image) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari
penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,565. Hal ini
menunjukkan bahwa sebesar 56,5% Keputusan Pembelian konsumen terhadap
pembelian mobil Toyota Kijang Innova dipengaruhi oleh variasi dari ketiga
variabel independen, yaitu keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek,
keunikan asosiasi merek, Sedangkam sisanya sebesar 43,5% dipengaruhi oleh
variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 03 Nov 2021 23:57
Last Modified: 03 Nov 2021 23:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8725

Actions (login required)

View Item
View Item