FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMBELI KOMPUTER DI LINGKUNGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HASANUDDIN


ARIFUDDIN, AZWITA (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMBELI KOMPUTER DI LINGKUNGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
azwitaarif-1307-1-12-azwit-) cover.jpg

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
azwitaarif-1307-1-12-azwit-) 1-2.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
azwitaarif-1307-1-12-azwit-) dapus-lam.pdf

Download (715kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
azwitaarif-1307-1-12-azwit-).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Azwita Arifuddin, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam
Membeli Komputer Di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas
Hasanuddin (dibimbing oleh Prof,. Dr. Otto Randa Payangan. SE,.M.Si dan Haeriah
Hakim, SE,.M.Mktg ).
Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui adanya pengaruh faktor
pemasaran perusahaan, budaya, sosial, pribadi, dan psikologi berpengaruh secara
signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian komputer laptop maupun
notebook oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar. (2)
Untuk mengetahui faktor mana yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam
melakukan pembelian komputer laptop maupun notebook oleh mahasiswa Fakultas
Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar.
Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas
Hasanuddin Makassar dengan mengambil 100 mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Hasanuddin sebagai responden. Model penelitian ini menggunakan data
yang diperoleh dari Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar dan beberapa
kajian pustaka serta informasi-informasi yang lain.
Metode penarikan sampel yang digunakan adalah Simple Random
Sampling. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan
reabilitas, Uji F (Uji Serempak), Uji t (Uji Parsial), Analisis Regresi Linier Berganda,
dan R-Square.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kebudayaan (X1),sosial
(X2), pribadi (X3), dan psikologi (X4) secara bersama-sama berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk komputer laptop
maupun notebook dengan variabel pribadi yang paling dominan mempengaruhi.
Keeratan hubungan tersebut ditunjukkan oleh korelasi yang tinggi sedangkan besarnya
kontribusi yang diberikan, ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R-Square)
sebesar 0,722 berarti bahwa seluruh variabel bebas yaitu kebudayaan, sosial,pribadi,
dan psikologi mempunyai kontribusi sebesar 72% terhadap keputusan pembelian
produk komputer laptop maupun notebook oleh mahasiswa fakultas ekonomi
universitas hasanuddin makassar sebagai konsumen dan sisanya sebesar 28%
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 03 Nov 2021 23:46
Last Modified: 03 Nov 2021 23:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8716

Actions (login required)

View Item
View Item