ISWAN, IIS TRISTIANA (2013) “STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS DAN PEMASARAN KERIPIK PISANG “BANACHIP”” (Studi Eksperensial Pada Wirausaha Mahasiswa Agribisnis, Universitas Hasanuddin, Kota Makassar). Skripsi thesis, University hasanuddin.
iistristia-1282-1-13-iist-) 1-2.pdf
Download (204kB)
iistristia-1282-1-13-iist-) cover.jpg
Download (302kB) | Preview
iistristia-1282-1-13-iist-) dapus-lam.pdf
Download (460kB)
iistristia-1282-1-13-iist-).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
oduktivitas dan Pemasaran Keripik Pisang “BanaChip” (Studi
Eksperensial Pada Wirausaha Mahasiswa Agribisnis, Universitas
Hasanuddin, Kota Makassar), di bawah bimbingan Yopie Lumoindong dan
Rusli Mohammad Rukka.
Penelitian dilakukan pada usaha Wirausaha Mahasiswa Agribisnis
(Wiragri) Universitas Hasanuddin, Kota Makassar yang bertujuan untuk: 1).
Menganalisis berbagai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang
dimiliki oleh Keripik Pisang “BanaChip”; 2). Merumuskan berbagai strategistrategi
hasil analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman; 3).
Merumuskan berbagai solusi dari kelemahan dan ancaman dalam rangka
pengembangan produktivitas dan pemasaran Keripik Pisang “BanaChip”; 4).
Merumuskan tindakan-tindakan prioritas dalam pencapaian strategi
pengembangan produktivitas dan pemasaran Keripik Pisang “BanaChip”.
Keseluruhan data dan informasi yang diperoleh dianalisis
menggunakan metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan
terdapat 10 strategi yang kemudian dipetakan berdasarkan bauran
pemasaran dan sebagian besar strategi mengarah pada strategi
pengembangan produk. Dalam merumuskan tindakan prioritas, perlu terlebih
dahulu mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi terkait kelemahan
dan ancaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, masalah utama pada
Wiragri adalah distribusi produk masih kurang. Hasil analisis menyarankan
peningkatan distribusi produk dengan melakukan penambahan jumlah
tenaga kerja sebanyak 3 orang pada produksi dan 2 orang pada pemasaran,
mengajukan proposal penambahan modal usaha pada instansi pemerintah,
swasta, atau lembaga keuangan lain, menambah usaha promosi melalui
internet, pembuatan spanduk, dan pamflet, menggunakan kemasan
Polipropilen (PP) ukuran 0,8 mm, menetapkan standarisasi produk sesuai
dengan SNI dan mengusahakan pengurusan Wiragri menjadi badan usaha
sendiri berupa CV.
Kata Kunci: Keripik Pisang, strategi, produktivitas, pemasaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 02:13 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 02:13 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8647 |