ANALISIS PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI DOKTER INDONESIA UNTUK PENYAKIT SISTEM INDERA, KULIT, ENDOKRIN METABOLIK DAN NUTRISI


Kwandou, Willis (2013) ANALISIS PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI DOKTER INDONESIA UNTUK PENYAKIT SISTEM INDERA, KULIT, ENDOKRIN METABOLIK DAN NUTRISI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
williskwan-1114-1-13-willi-u 1-1.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
williskwan-1114-1-13-willi-u cover.jpg

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of full text] Text (full text)
williskwan-1114-1-13-willi-u.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Background: Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar adalah institusi
kedokteran yang selalu mengambil inovasi untuk memperbarui teknik pembelajaran dan
pengajaran. Institusi ini mengimplementasikan kurikulum dasar berdasarkan kompetensi
yang dapat membantu mahasiswa mencapai kompetensinya selama menempuh
pendidikannya. Kompetensi ini berdasarkan standar kompetensi dokter indonesia (SKDI).
Tetapi kompetensi yang diharapkan belum mampu dapat dicapai oleh mahasiswa. Oleh
karena itu unit pendidikan harus mengevaluasi dan memperbaiki metode pembelajaran serta
alokasi waktu untuk mahasiwa agar dapat mencapai kompetensi sesuai SKDI.
Purpose: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui waktu pembelajaran yang dibutuhkan
untuk mencapai SKDI untuk penyakit sistem indera, kulit, endokrin, metabolik dan nutrisi.
Lebih jauh lagi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang efektif
serta persepsi dokter muda terhadap kompetensi yang dimilikinya saat ini.
Method: Penelitian ini merupakan studi observasional yang menganalisa pencapian standar
kompetensi dokter indonesia untuk penyakit sistem indera, kulit, endokrin, metabolik dan
nutrisi Sampel yang digunakan merupakan dokter muda yang dipilih oleh peneliti, dengan
teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling dengan jumlah sampel 11 orang
Result: Berdasarkan pendapat dokter muda memiliki waktu yang terbatas untuk mencapai
standar kompetensi dokter indonesia yang telah ditentukan. Dari penelitian, metode
pembelajaran yang efektif untuk mencapai SKDI menurut dokter muda adalah belajar
mandiri. Persepsi dokter muda akan kompetensi yang dimilikinya berdasarkan SKDI masih
rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 02 Nov 2021 00:07
Last Modified: 02 Nov 2021 00:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8536

Actions (login required)

View Item
View Item