AKBAR, MUH. SARWAN NUR (2021) RANCANG BANGUN APLIKASI COMPUTER BASED TEST (CBT) BERBASIS WEB PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
H13114305_skripsi cover1.jpg
Download (263kB) | Preview
H13114305_skripsi bab 1-2.pdf
Download (1MB)
H13114305_skripsi dapus-lamp.pdf
Download (8kB)
H13114305_skripsi.pdf
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Kegiatan evaluasi merupakan bagian dari proses pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan. Model atau metode evaluasinya pun beragam, mulai dari tes tertulis hingga tes praktik. Dari sekian banyak metode evaluasi, evaluasi tertulis atau tes tertulis merupakan metode evaluasi yang memakan banyak kertas, yaitu sekitar 166 juta lembar kertas untuk satu kali ujian nasional di seluruh Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) yang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi masalah penggunaan kertas yang berlebihan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model waterfall atau sering juga dinamakan (classic life cycle). Maka dirancanglah sistem CBT dan penilaian siswa berbasis webserver. Sistem CBT ini menggunakan bahasa pemrograman PHP (Personal Hypertext Preprocessor) dengan koneksi database MySQL untuk mengelola isi dari sistem CBT itu sendiri.Dimana para guru langsung mengolah soal-soal ujian siswa. Begitu juga para siswa setelah melakukan ujian akan bisa langsung melihat hasil ujiannya. Dengan menggunakan sistem informasi ini dapat membantu guru dalam memberikan nilai pada anak didiknya yang telah melaksanakan ujian dikarenakan sistem ini langsung memberikan hasil berupa nilai ujian setelah siswa melaksanakan ujian.
Kata kunci : Evaluasi Pembelajaran, Computer Based Test (CBT), PHP (Personal Hypertext Preprocessor), MySQL
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 01:30 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 06:06 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8468 |