PENGARUH PELATIHAN PENYULUH BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN PENDAMPINGAN GURU TERHADAP PERILAKU DAN KESEHATAN MULUT ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI EKSPERIMEN DI DAERAH PENGUNUNGAN, PESISIR, KEPULAUAN DAN PERKOTAAN)

ANWAR, AYUB IRMADANI (2020) PENGARUH PELATIHAN PENYULUH BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN PENDAMPINGAN GURU TERHADAP PERILAKU DAN KESEHATAN MULUT ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI EKSPERIMEN DI DAERAH PENGUNUNGAN, PESISIR, KEPULAUAN DAN PERKOTAAN). Disertasi-S3 thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K013181017_disertasi_23-10-2020(FILEminimizer)_Hal_Judul1.jpg

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 dan 2] Text (Bab 1 dan 2)
K013181017_disertasi_23-10-2020(FILEminimizer)_1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
K013181017_disertasi_23-10-2020(FILEminimizer)_Daftar Pustaka dan Lamp..pdf

Download (291kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K013181017_disertasi_23-10-2020(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penyebab utama masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak sekolah dasar diantaranya adalah faktor perilaku dan mengabaikan kebersihan mulut yang secara langsung dapat mempengaruhi status kesehatan mulut baik pada tingkat individu maupun masyarakat. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penyuluhan berbasis multimedia interaktif dan pendampingan guru terhadap perilaku dan kesehatan mulut anak sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain The Non randomized Pre-test Post-test Control Group. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah anak sekolah dasar usia 11-12 tahun, Jumlah sampel sebanyak 198 dan dipilih secara purposive sampling. Sampel terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji Friedman dan Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan intervensi penyuluhan multimedia interaktif dan pendampingan guru terhadap perubahan perilaku (pengetahuan, sikap dan tindakan terkait kesehatan gigi dan mulut) dengan tingkat sigifikan (p=0.000). Selanjutnya intervensi juga berpengaruh terhadap kebersihan mulut pada anak sekolah dasar (dengan indikator DI, CI dan OHI). pada semua lokasi (daerah pengunungan, pesisir, kepulauan dan perkotaan). Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan pentingnya penggunaan secara luas multimedia interaktif dan pendampingan guru pada setiap melakukan penyuluhan yang sedianya menjadi kebijakan Kementerian Kesehatan dalam hal promosi kesehatan gigi dan mulut dengan harapan terjadinya perubahan perilaku dan peningkatan status kesehatan mulut yang berkelanjutan.
Kata kunci: Penyuluhan Multimedia Interaktif, Pendampingan Guru, Perilaku Kesehatan Gigi Dan Mulut, Kebersihan Mulut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Disertasi-S3)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: sri abubakar
Date Deposited: 10 Dec 2020 11:50
Last Modified: 10 Dec 2020 11:50
URI: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item
View Item