INTERPRETASI MASYARAKAT DAN PEMERINTAH TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT SEMEN BOSOWA MAROS


BALAMURTI DEWI, NEFERTITI (2013) INTERPRETASI MASYARAKAT DAN PEMERINTAH TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT SEMEN BOSOWA MAROS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
nefertitib-1040-1-13-nefer-i 1-2.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
nefertitib-1040-1-13-nefer-i cover.jpg

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
nefertitib-1040-1-13-nefer-i dapus-lam.pdf

Download (749kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
nefertitib-1040-1-13-nefer-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Interpretasi Masyarakat dan Pemerintah terhadap Pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) PT Semen Bosowa Maros
Nefertiti Balamurti Dewi
Mediaty
Asri Usman
Pengungkapan tanggung jawab sosial merupakan bentuk komunikasi
perusahaan mengenai aktivitas sosial mereka kepada masyarakat dan
pemerintah desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik
pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Bosowa Maros
dan untuk mengetahui interpretasi masyarakat dan pemerintah terhadap
pengungkapan CSR PT Semen Bosowa Maros.
Data penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data
primer berupa wawancara langsung dengan pihak perusahaan, masyarakat, dan
pemerintah desa. Sementara data sekunder berupa data yang diperoleh dari
data internal perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif
deskriptif dengan paradigma interpretif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Semen Bosowa Maros belum
mengungkapkan biaya CSR-nya pada catatan atas laporan keuangan
perusahaan. Masyarakat dan pemerintah desa menilai pengungkapan yang
dilakukan oleh seksi community development perusahaan masih kurang baik
dalam hal pelaksanaan kegiatan maupun terkait besaran dana CSR yang
digunakan. Kurangnya pengungkapan disebabkan masyarakat dan pemerintah
desa kurang terlibat dan berpartisipasi aktif dalam realisasi program CSR
perusahaan.
Adanya forum yang dibuat oleh perusahaan sebagai bagian kemitraan
perusahaan dengan masyarakat ternyata belum mampu membantu perusahaan
dalam menginformasikan kegiatan CSR mereka karena forum tidak menyentuh
seluruh warga dan pemerintah desa. Hal ini menyebabkan informasi tidak
tersebar merata sehingga pelaksanaan kegiatan CSR kurang terungkap.
Kata kunci: Corporate social responsibility (CSR), masyarakat, pemerintah desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 28 Oct 2021 03:49
Last Modified: 28 Oct 2021 03:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8353

Actions (login required)

View Item
View Item