PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING INSTRUCTIONAL METHOD DALAM MENINGKATKAN PENCAPAIAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA


Maruf, Nirwanto (2013) PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING INSTRUCTIONAL METHOD DALAM MENINGKATKAN PENCAPAIAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
nirwantoma-955-1-13-nirwa-2 cover1.jpg

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
nirwantoma-955-1-13-nirwa-2 1-2.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
nirwantoma-955-1-13-nirwa-2 dapus.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
nirwantoma-955-1-13-nirwa-2.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Nirwanto Maruf. Penggunaan Cooperative Learning Instructional Metode
dalam Meningkatkan Pencapaian Pemahaman Membaca Siswa.
(Dibimbing oleh M.L. Manda dan Nasmilah Imran)
Metode Pembelajaran koperatif dapat dipakai dalam meningkatkan
empat keahlian dasar bahasa siswa yaitu mendengar, berbicara,
membaca dan menulis. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengukur
sejauh mana penggunaan Metode Cooperative Learning Instructional
dapat meningkatkan pencapaian pemahaman membaca siswa.
Penelitian ini adalah penelitian yang sifatnya experimental design
dengan pre-test dan post-test group diterapkan pada 52 siswa dari kelas
11 SMAN 1 Praya Barat, yang terdiri dari 28 murid dari kelas Bahasa 1
yang kemudian dikelompokan dalam kelompok experimental, dan 24
murid dari kelas Bahasa 2 yang dikelompokan dalam kelompok
kontrolsedangkan pada kelompok kontrol diterapkan penggunaan metode
tradisional atau konvensional. Data penelitian ini diperoleh melalui test
yang dinamakan Reading Comprehension Test atau yang disingkat
dengan RCT, yang terdiri dari Pre-test dan Post-test. Pre-test diberikan
kepada para peserta pada awal perlakuan, sedangkan Post-test diberikan
pada akhir perlakuan atau pengajaran.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang diberi
pengajaran atau perlakuan metode cooperative learning instructional
secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberikan
pengajaran atau perlakuan metode pengajaran tradisional atau
konvensional. Hal tersebut terlihat dari hasil nilai t- observed yang lebih
besar daripada t-table, yang mana t-observed menunjukan angka 2.732
sedangkan nilai dari t-table itu sendiri adalah 2.021 (2.732 > 2.021). Di
samping itu dari hasil kuisioner yang diberikan kepada kelompok
experimental menunjukan bahwa metode Cooperative Learning
Instructional mendapatkan respon yang positif, oleh karena itu dapat
disimpulkan bahwa metode Cooperative Learning Instructional dapat
meningkatkan pemahaman membaca siswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:01
Last Modified: 27 Oct 2021 04:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8289

Actions (login required)

View Item
View Item