HASAN, HUSAEN (2013) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN WISATAWAN DALAM MELAKUKAN KUNJUNGAN WISATA DI KOTA TIDORE KEPULAUAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
husaenhasa-1088-1-13-husae-) COVER1.jpg
Download (283kB) | Preview
husaenhasa-1088-1-13-husae-) 1-2.pdf
Download (1MB)
husaenhasa-1088-1-13-husae-) DAPUS.pdf
Download (375kB)
husaenhasa-1088-1-13-husae-).pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Husaen Hasan. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan wisatawan dalam melakukan kunjungan wisata di Kota Tidore
Kepulauan (dibimbing oleh Muhammad Asdar dan Jusni)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor
bauran pemasaran, sosial budaya dan psikologi terhadap keputusan
wisatawan dalam melakukan kunjungan wisata di Kota Tidore kepulauan.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif,. Populasi
dalam penelitian ini adalah 2781 orang wisatawan, ukuran sampel
penelitian ini sebanyak 100 responden. Data penelitian dikumpulkan
melalui wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Metode
Analisis data adalah Analisis faktor dan untuk Pengujian hipotesis
menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t dimaksud untuk
mengetahui secara serempak dan secara parsial pengaruh variabel
independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95%
(a = 0.05).
Hasil analisis faktor menunjukan bahwa untuk variabel-variabel
pengamatan atau item yang membentuk faktor bauran pemasaran,
sosial budaya dan psikologi terdapat dua variabel yang tidak memenuhi
syarat untuk difaktorkan yaitu varibel kelas sosial yang terdapat pada
faktor sosial budaya dan variabel kepribadian yang terdapat pada faktor
psikoligi, sehingga dari hasil analisis faktor konfirmatori hanya tersisa 17
variabel yang membentuk ketiga faktor tersebut yaitu faktor bauran
pemasaran 7 variabel pengamatan, faktor sosial budaya 5 variabel
pengamatan, dan faktor psikologi 5 variabel pengamatan.
Untuk hasil analisis regresi menunjukan bahwa faktor bauran
pemasaran, sosial budaya dan psikologi secara simultan dan parsial
berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan dalam
melakukan kunjungan wisata di Kota Tidore Kepulauan. Faktor yang
paling dominan berpengaruh adalah faktor psikologi. Nilai koefisien
determinasi (R2
) menunjukan bahwa variabel independen yang diteliti
mampu menjelaskan 54,70% terhadap variabel keputusan wisatawan
sedangkan sisanya 45,30% dijelaskan oleh variabel independen lainnya
yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 08:06 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 08:06 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8208 |