TANTANGAN DAN PELUANG KELAPA SAWIT INDONESIA DALAM PERDAGANGAN INTERNASIONAL


Letari, Ayu (2021) TANTANGAN DAN PELUANG KELAPA SAWIT INDONESIA DALAM PERDAGANGAN INTERNASIONAL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021171001_skripsi cover1.jpg

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021171001_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021171001_skripsi dapus-lamp.pdf

Download (993kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021171001_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

AYU LESTARI, Tantangan Dan Peluang Kelapa Sawit Indonesia Dalam Perdagangan Internasional. Pembimbing : PIPI DIANSARI dan ACHMAD AMIRUDDIN Latar Belakang perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Komoditi kelapa sawit merupakan sebagai salah satu komoditi ekspor terbesar di Indonesia. Serta menjadikannya sebagai salah satu sumber devisa negara. Hal tersebut didukung oleh Indonesia sebagai salah satu produsen terbesar minyak kelapa sawit. Tujuan Tantangan dan Peluang Kelapa sawit Indonesia dalam Perdagangan Internasional. Metode alat analisis yang digunakan adalah Revealed Comparative Advantage, Revealed Symmetric Comparative Advantage, Export Product Dynamic serta X-Model Potential Export. Hasil analisis menunjukkan RCA dan RSCA pada komoditi CPO Indonesia dan Malaysia menunjukkan bahwa nilai RCA lebih dari 1 dan RSCA mendekati angka 1 yang berarti bahwa CPO kelapa sawit Indonesia dan Malaysia memiliki daya saing yang kuat. Namun jika dibandingkan Indonesia dan Malaysia maka Indonesia lebih memiliki daya saing tinggi dibandingkan Malaysia. Serta X model menunjukkan pangsa pasar CPO Indonesia yang optomis hanya berada di India sisanya kurang potensial sama halnya dengan pangsa pasar CPO Malaysia yang juga kurang potensial. Kesimpulan Tantangan Indonesia yakni bea keluar, akses yang terhambat, hilirisasi produk yang kurang serta black campaign. Dan peluang pangsa pasar ekspor CPO Indonesia hanya berpeluang di India berbanding dengan Malaysia yang kurang potensial di negara India tersebut. Begitu pula dinegara tujuan lainnya seperti Netherlands, USA, Pakista, Italia, China, Bangladesh serta Kenya yang kurang potensial. Sebab kebutuhan konsumen minyak sawit lebih membutuhkan minyak sawit yang telah diolah.
Kata Kunci : Kelapa Sawit, Daya Saing, Keunggulan Komparatif, Perdagangan Internasional, Tantangan dan Peluang, Revealed Comparative Advantage (RCA), Revealed Symmetric Comparative Advantage (RSCA), Export Product Dynamic(EPD), X-Model Potential Export.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:12
Last Modified: 25 Oct 2021 07:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8146

Actions (login required)

View Item
View Item