ANALISIS PROSES PENYUSUNAN DAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT UNHAS KOTA MAKASSAR


SALMIAH R, WD NASRAH (2012) ANALISIS PROSES PENYUSUNAN DAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT UNHAS KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
wdnasrahsa-925-1-cover COVER1.jpg

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
wdnasrahsa-925-1-cover 1-2.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
wdnasrahsa-925-1-cover DAPUS-LAM.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of full teks] Text (full teks)
wdnasrahsa-925-1-cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
ANALISIS PROSES PENYUSUNAN DAN IMPLEMENTASI
MANAJEMEN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT UNHAS
KOTA MAKASSAR UNHAS TAHUN 2012
Wd Nasrah Salmiah R, Syahrir A.Pasinringi, A. Indahwaty Sidin
Bagian Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Hasanuddin
Seiring perkembangan zaman, jumlah rumah sakit di Indonesia terus
mengalami peningkatan. Data profil kesehatan tahun 2009 menyebutkan bahwa
peningkatan jumlah rumah sakit naik sebesar 20,11% sejak tahun 2005. Selain itu,
munculnya berbagai perspektif yang menyatakan bahwa rumah sakit telah
berkembang menjadi lembaga sosio-ekonomi dan lahirnya Peraturan Pemerintah
tentang BLU menjadikan rumah sakit saat ini, harus mampu mengelola kebutuhan
masyarakat melalui prinsip pengelolaan profesional di bidang pemasaran. Sebagai
salah satu rumah sakit yang telah memiliki bidang pemasaran, Rumah Sakit
Unhas dipandang perlu untuk menyusun dan mengimplementasikan manajemen
pemasaran secara efektif dan efisien untuk mencapai profit dan tujuan organisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penyusunan
dan implementasi manajemen pemasaran di Rumah Sakit Unhas. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan data
sekunder. Informan dalam penelitian berjumlah 8 orang yang dipilih melalui
teknik Puprosive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Rumah Sakit Unhas belum melakukan
riset pasar. Strategi pemasaran masih berorientasi pada kegiatan promosi. Bauran
pemasaran dikembangkan adalah bauran pemasaran 7p yang terdiri dari produk,
price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Program
pemasaran yang telah terlaksana kebanyakan masih berorientasi pada kegiatan
promosi seperti konsultasi gratis, pembuatan brosur, promosi keperusahaan
asuransi dan lain-lain. Sedangkan program yang belum terlaksana yakni survey
pasar, membuat running teks, membuat profil RS melalui media cetak, menyusun
kebutuhan kerjasama balai pengobatan dan sekolah tinggi kesehatan, dan program
customer relationship management (CRM). Keterbatasan dana dan sumber daya
manusia menjadi kendala selama melaksanakan program pemasaran di Rumah
Sakit Unhas.
Rumah sakit perlu melakukan riset pasar dan memahami strategi
pemasaran sebagai segmentasi, targeting, dan postioning. Rumah sakit juga perlu
mengkaji kembali beban kerja bagian pemasaran, serta melakukan monitoring dan
evaluasi terhadap program-program pemasaran yang telah maupun belum
terlaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:02
Last Modified: 25 Oct 2021 02:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8129

Actions (login required)

View Item
View Item