Darmawan, Thomas (2013) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN HIV/AIDS SISWA/I KELAS X SMAN 3 PALOPO TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
thomasdarm-884-1-13-thoma-2 cover.jpg
Download (299kB) | Preview
thomasdarm-884-1-13-thoma-2 1-2.pdf
Download (829kB)
thomasdarm-884-1-13-thoma-2 dapus-lam.pdf
Download (293kB)
thomasdarm-884-1-13-thoma-2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Latar belakang: AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome), yaitu suatu
penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi human immunodeficiency virus
(HIV), merupakan permasalahan kesehatan yang telah menglobal dengan sebaran
penyakit di seluruh dunia. Sebagai salah satu negara yang tergabung dalam
deklarasi Millennium Development Goals (MDGs), Indonesia mempunyai
komitment dalam menuju MDGS 2015 dimana poin ke-6 memiliki tujuan untuk
memerangi HIV/AIDS, Malaria, dan penyakit lain. Dimana dalam target 6.A poin
6.5 dikatakan “tercapainya sasaran proporsi penduduk usia 15-24 tahun dengan
pengetahuan komprehensif tentang HIV / AIDS pada tahun 2015”. Adapun salah
satu cara dalam mencapai target tersebut dengan melalui penyuluhan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari
media pembelajaran terhadap tingkat pengetahuan HIV/AIDS.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimental
dengan rancangan group pretest-posttest. Sampel berjumlah 97 orang dari 4 kelas
yang dipilih secara acak dan dipisahkan ke dalam kedua kelompok perlakuan,
penyuluhan metode ceramah dan presentasi dengan proyektor LCD. Kemudian
masing-masing diberikan pretest dan dilakukan perlakuan berupa penyuluhan
serta diberikan posttest di akhir perlakuan. Normalisasi data dilakukan dengan
mengeksklusi sampel dengan nilai ekstrem. Analisis data dilakukan terhadap 76
sampel menggunakan Wilcoxon signed rank test dan independent t-test.
Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan pada kelompok perlakuan ceramah,
yang ditandai dengan peningkatan jumlah jawaban yang benar (Z=-4,550;
p=0,000; d=0,830), serta pada kelompok perlakuan presentasi dengan proyektor
LCD, yang ditandai dengan peningkatan jumlah jawaban yang benar (Z=-5,863;
p=0,000; d=0,864). Terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan antara
kelompok perlakuan ceramah (M=3,83; SD=2,692) dibandingkan pada kelompok
perlakuan presentasi dengan proyektor LCD (M=5,17;SD=2,025); t(74)= -2,473;
d=0,574; p=0,016
Kesimpulan: Terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap tingkat
pengetahuan HIV/AIDS siswa/i kelas X SMAN 3 Palopo, dimana media
pembelajaran audio visual berupa presentasi dengan proyektor LCD secara
statistik lebih unggul dalam meningkatkan pengetahuan HIV/AIDS dibandingkan
media pembelajaran audio berupa ceramah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 07:59 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:59 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8111 |