THE EFFECTS OF TEACHING THE COMMUNICATION STRATEGIES ON LEARNERS’ SPEAKING PERFORMANCE


FITRININGSIH, FITRININGSIH (2012) THE EFFECTS OF TEACHING THE COMMUNICATION STRATEGIES ON LEARNERS’ SPEAKING PERFORMANCE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
fitrinings-890-1-12-fitri-6 cover.jpg

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
fitrinings-890-1-12-fitri-6 1-2.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
fitrinings-890-1-12-fitri-6 dapus-lam.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of full teks] Text (full teks)
fitrinings-890-1-12-fitri-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
FITRININGSIH. Pengaruh Pengajaran Strategi Komunikasi terhadap Kemampuan
Berbicara Pebelajar (dibimbing oleh Abdul Hakim Yassi dan Hamzah A. Machmoed).
Penelitian ini bertujuan menganalisa efek dari pengajaran strategi komunikasi
terhadap kemampuan berbicara pebelajar.
Penelitian ini dirancang sebagai studi intervensionis yang dilakukan terhadap
sekelompok mahasiswa. Data kualitatif maupun kuantitatif dikumpulkan dalam
penelitian ini. Sebanyak 35 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di
Universitas Negeri Makassar berpartisipasi dalam penelitian ini. Seluruhnya menerima
pengajaran strategi komunikasi berbasis instruksi selama 12 minggu. Selain itu, mereka
menyelesaikan empat jenis tugas berbicara dan kuesioner laporan diri pada awal dan
akhir pengajaran. Data dikumpulkan melalui (1) nilai empat jenis tugas berbicara , (2)
kuesioner laporan diri dan (3) kuesioner sikap.
Hasil dari tugas berbicara dan kuesioner laporan diri menunjukkan bahwa
pengajaran strategi komunikasi secara eksplisit meningkatkan kesadaran pebelajar untuk
menggunakan strategi dalam meningkatkan kemampuan berbicara mereka serta
mempromosikan penggunaan strategi komunikasi yang diajarkan. Selain itu, hasil
positif dari pengajaran beberapa strategi komunikasi didukung pula oleh hasil dari
kuesioner sikap pebelajar terhadap pengajaran strategi komunikasi. Temuan
menunjukkan bahwa para pebelajar merasakan manfaat dari pengajaran strategi
komunikasi berbasis instruksi terhadap kemampuan berbicara. Mereka juga
menunjukkan sikap positif terhadap pengajaran strategi komunikasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:58
Last Modified: 21 Oct 2021 07:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8062

Actions (login required)

View Item
View Item