THE IMPLEMENTATION OF COGNITIVE ACADEMIC LANGUAGE LEARNING APPROACH (CALLA) AS A MODEL INSTRUCTION TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING QUALITY


MARTISA, ELA (2013) THE IMPLEMENTATION OF COGNITIVE ACADEMIC LANGUAGE LEARNING APPROACH (CALLA) AS A MODEL INSTRUCTION TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING QUALITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
elamartisa-919-1-13-elam-6 COVER1.jpg

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
elamartisa-919-1-13-elam-6 1-2.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
elamartisa-919-1-13-elam-6 DAPUS-LAM.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
elamartisa-919-1-13-elam-6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menerapkan Instruksi Model CALLA untuk meningkatkan kualitas tulisan siswa dalam pengajaran, untuk mengetahui pengaruh metode tersebut dan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran CALLA pada siswa SMA kelas X.
Sebuah studi kuasi-eksperimen dengan pre-test dan post-test group design diterapkan pada 60 siswa SMA. Subyek dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen (n = 30) dan kelompok kontrol (n = 30). Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kabawo, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Tulisan siswa yang berbentuk recount text pada pre-test dan post-test dianalisis oleh tiga penilai dengan menggunakan ESL Composition Profile yang diusulkan oleh Jacobs dkk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test dari kualitas tulisan siswa dalam hal content, organisation, vocabulary, language use dan mechanics. Ditemukan bahwa nilai t- observed adalah 3,017 dan nilai t-tabel adalah 2,021. Ini berarti bahwa t-observed lebih tinggi dari t-tabel dengan nilai kemaknaan 0,004 (p <0,05). Dapat disimpulkan bahwa penerapan Instruksi Model CALLA dapat meningkatkan kualitas tulisan siswa. Juga dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki respon positif terhadap penerapan Model Pembelajaran CALLA.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:08
Last Modified: 21 Oct 2021 01:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8017

Actions (login required)

View Item
View Item