PENGGUNAAN THEME-BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA


HELINGO, ADIMAWATI (2013) PENGGUNAAN THEME-BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
adimawatih-904-1-13-adima-3 COVER1.jpg

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
adimawatih-904-1-13-adima-3 1-2.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
adimawatih-904-1-13-adima-3 DAPUS-LAM.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of full teks] Text (full teks)
adimawatih-904-1-13-adima-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
ADIMAWATI HELINGO. Penggunaan Theme-Based Instruction untuk
Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa (dibimbing oleh Hamzah
A. Machmoed dan Abdul Hakim Yassi)
Penerapan Theme-Based Instruction (TBI) dalam penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa semester
4 di Jurusan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Gorontalo.
Total 36 mahasiswa dari kelompok kontrol dan kelompok
ekperimen ikut berpartisipasi dalam penelitian ini. Metode kuantitatif
diaplikasikan dalam penelitian ini dengan memberikan pre- dan post- tes
menulis kepada kelompok kontrol dan ekperimen, dan kuisioner untuk
memperoleh persepsi mahasiswa terhadap TBI. Skor analitik digunakan
untuk menilai tulisan mahasiswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang
diajarkan dengan menggunakan TBI secara signifikan lebih baik dari pada
mahasiswa di kelompok kontrol yang diajarkan dengan pendekatan
tradisional dimana nilai obseravasi t lebih besar dari pada nilai tabel t
(2.206 > 2.042). TBI juga dapat memotivasi mahasiswa untuk menulis
dikarenakan oleh tema/topik yang menarik yang dipilih oleh mahasiswa itu
sendiri. Pembelajaran secara otonomi dan terintegrasi mahasiswa juga
meningkat karena mereka melakukan penelitian, membaca, berdiskusi,
dan menulis tentang topik yang sudah dipilih selama penelitian. Persepsi
positif terhadap penerapan TBI dalam kelas Writing juga diperoleh dari
kuisioner yang dibagikan kepada mahasiswa. Oleh karena itu dapat
disimpulkan TBI secara positif dapat meningkatkan keterampilan menulis
mahasiswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:04
Last Modified: 19 Oct 2021 04:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7979

Actions (login required)

View Item
View Item