LAURENS, SAMSON (2013) ANALISIS BIAYA TRANSAKSI DALAM PROSES PENGADAAN DAN PEMELIHARAAN BARANG/JASA PADA BIRO KEUANGAN DAN KEKAYAAN SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI MALUKU. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.
samsonlaur cover.jpg
Download (296kB) | Preview
samsonlaur 1-2.pdf
Download (977kB)
samsonlaur dapus-lam.pdf
Download (1MB)
samsonlaur.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
SAMSON LAURENS. 2013. Analisis Biaya Transaksi Dalam
Proses Pengadaan dan Pemeliharaan Barang/Jasa Pada Biro
Keuangan dan Kekayaan Sekretariat Daerah Provinsi Maluku
(Dibimbing oleh Sangkala sebagai ketua komisi, Alwi dan Hasniati
sebagai anggota).
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis proses pengadaan
ATK dan pemeliharaan kendaraan dinas pada Biro Keuangan dan
Kekayaan Sekretariat Daerah Provinsi Maluku dinilai dari perspektif
transaction cost.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini
adalah proses pengadaan ATK dan pemeliharaan kendaraan dinas pada
Biro Keuangan dan Kekayaan Sekretariat Daerah Provinsi Maluku.
Pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara mendalam
terhadap informan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemilihan penyedia
barang ATK dengan cara penunjukan langsung. Proses pemilihan
penyedia jasa pemeliharaan kendaraan dinas dengan cara pelelangan
umum. Proses pengadaan ATK dan pemeliharaan kendaraan dinas dinilai
dari perspektif transaction cost adalah mendukung proposisi penelitian
yaitu semakin tinggi asymmetric information maka semakin rendah
kualitas pelayanan organisasi kepada publik; Semakin tinggi opportunity
behavior, maka semakin tinggi kualitas pelayanan organisasi kepada
publik dan semakin tinggi efficiency economic value maka semakin tinggi
kualitas pelayanan organisasi kepada publik. Proses pengadaan ATK
melalui penunjukan langsung dan proses pemeliharaan kendaraan dinas
melalui pelelangan umum adalah tidak efisien dan tidak efektif.
Peningkatan efisiensi dan efektivitas proses dan biaya transaksi dapat
dilakukan dengan cara mengubah metode pemilihan penyedia barang
ATK dari penunjukan langsung menjadi pengadaan langsung, mengubah
metode pemilihan penyedia jasa pemeliharaan kendaraan dinas dari
pelelangan umum menjadi pengadaan langsung. Selanjutnya,
peningkatan kualitas pelayanan dapat dilakukan dengan cara mengurangi
asymmetric information, meningkatkan opportunity behavior dan
meningkatkan efficiency economic value.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 03:56 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:56 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7962 |