HASRI, MIRAYA TIFANI (2021) THE EFFECTIVENESS OF TOEFL SCORE BASED ABILITY GROUPING IN ENGLISH CLASS OF BATCH 2019 ENGLISH DEPARTMENT, UNIVERSITAS HASANUDDIN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
F041171302_skripsi_06-10-2021 cover1.png
Download (174kB) | Preview
F041171302_skripsi_06-10-2021 1-2.pdf
Download (1MB)
F041171302_skripsi_06-10-2021 dp.pdf
Download (307kB)
F041171302_skripsi_06-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
MIRAYA TIFANI HASRI. “Efektivitas Penerapan Ability Grouping Berdasarkan Nilai TOEFL di Kelas Skill Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Sastra Inggris (Sebuah Studi Kasus Kelas Sturuktur A, Mahasiswa Sastra Inggris Angkatan 2019, Universitas Hasanuddin) dibimbing oleh Nadira Mahaseng dan Marleiny Radjuny.
Skripsi ini bertujuan untuk (1) menganalisis efektivitas penerapan ability grouping berdasarkan nilai TOEFL di kelas skill bahasa Inggris pada mahasiswa Sastra Inggris angkatan 2019. (2) mengidentifikasi pendapat mahasiswa terhadap penerapan ability grouping berdasarkan nilai TOEFL di kelas skill bahasa Inggris pada mahasiswa Sastra Inggris angkatan 2019.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Sumber data didapatkan dari mahasiswa Sastra Inggris angkatan 2019. Data berupa nilai TOEFL mahasiswa didapatkan dari arsip Departemen Sastra Inggris dan kuisoner yang diisi oleh mahasiswa. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah paired t-test untuk membandingkan nilai structure mahasiswa sebelum dan setelah ditempatkan di kelas ability grouping.
Ada dua temuan baru dalam penelitian ini. Pertama, tes statistik berupa tcount = 15,62 dan ttable.= 2,064 yang berarti tcount > ttable. Angka tersebut menunjukkan hipotesis nol (H0) ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (H1) diterima yang menyatakan bahwa nilai struktur mahasiswa setelah ditempatkan di kelas ability grouping mengalami peningkatan dengan rata-rata perbandingan nilai 0,86. Meskipun tidak terjadi peningkatkan yang signifikan, mahasiswa memberi positif respon mengenai penerapan ability grouping. Kedua, hasil dari kuisoner mengenai pendapat mahasiswa menunjukkan bahwa ability grouping bukan fakor utama yang mempengaruhi peningkatkan kemampuan grammar mereka, melainkan hanya menjadi salah satu faktor. Mahasiswa berpendapat bahwa metode tersebut bisa menjadi alternatif yang efektif tidak hanya pada kelas structure tapi juga pada kelas-kelas skill bahasa Inggris lainnya.
Kata Kunci: Ability Grouping, Nilai TOEFL, Kelas Struktur, Mahasiswa Kelas A, Mahasiswa Sastra Inggris, Peningkatan.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 00:39 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 00:39 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7929 |