DAKWAH VIRTUAL: STRATEGI DAKWAH UKM LDK MPM UNHAS DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19” (Sebuah Kajian Etnografi)


Hikmawati, Hikmawati (2021) DAKWAH VIRTUAL: STRATEGI DAKWAH UKM LDK MPM UNHAS DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19” (Sebuah Kajian Etnografi). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071171305_skripsi_06-10-2021 cover1.png

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E071171305_skripsi_06-10-2021 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071171305_skripsi_06-10-2021 dp.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071171305_skripsi_06-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Hikmawati (E071171305). Dakwah Virtual: Strategi Dakwah UKM LDK MPM Unhas Dalam Situasi Pandemi Covid-19 (Sebuah Kajian Etnografi). Di Bawah Bimbingan Prof. Dr. Munsi Lampe, MA. Dan Dr. Muh. Basir Said, MA. Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan strategi dakwah virtual UKM LDK MPM Unhas selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah teknik purposive, berikut teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa program dakwah LDK MPM yaitu kegiatan berupa taklim, kajian kontemporer, seminar, dan pembekalan ilmu agama yang dilakukan melalui media sosial dan aplikasi meeting secara virtual. Selain itu juga bahwa ada beberapa strategi dan teknik dakwah yang digunakan oleh UKM LDK MPM dalam berdakwah melalui media virtual. Adapun strateginya yaitu meningkatkan kemampuan desain dan editing pengurus, revisi kepengurusan, menyajikan konten dakwah yang ringan dan update, serta mengadakan lomba secara virtual. Namun, dalam melakukan dakwah virtual ada tantangan tersendiri yang dihadapi oleh LDK MPM, yaitu pendekatan kepada mahasiswa lebih sulit, banyak konten yang tersebar di media sosial tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam yang lebih menarik untuk diakses, komunikasi antar pengurus menjadi kurang efektif, dan keaktifan pengurus semakin menurun. Efektivitas dakwah virtual lebih besar untuk sisi kuantitas dibanding kualitas. Bagi LDK MPM ruang virtual seolah menjadi benteng bagi pengurus untuk membangun hubungan emosional kepada sasaran dakwahnya. Sementara, hal tersebut menjadi penting bagi mereka agar bisa terus mempengaruhi mahasiswa yang didakwahi.
Kata Kunci: Strategi, Dakwah Virtual, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Oct 2021 00:39
Last Modified: 11 Oct 2021 00:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7911

Actions (login required)

View Item
View Item