EVALUASI PELAKSANAAN KAMPANYE MELALUI MEDIA SOSIAL PADA PILKADA KOTA MAKASSAR TAHUN 2020 DI TENGAH PANDEMI COVID 19

CHAIRUNNISA, SASHA (2021) EVALUASI PELAKSANAAN KAMPANYE MELALUI MEDIA SOSIAL PADA PILKADA KOTA MAKASSAR TAHUN 2020 DI TENGAH PANDEMI COVID 19. Skripsi-S1 thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041171505_skripsi COVER1.png

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041171505_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041171505_skripsi DP.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041171505_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Sasha Chairunnisa. NIM E0041171505: Evaluasi Pelaksanaan Kampanye Melalui Media Sosial Pada Pilkada Kota Makassar Tahun 2020 di Tengah Pandemi Covid 19. Dibawah Bimbingan Drs. A. Yakub, M.Si, PhD dan Haryanto, S.IP, M.A.
Penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2020 dihadapkan banyak tantangan karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid 19. Terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak di tengah pandemi Covid 19, membuat para kandidat pasangan calon berusaha agar visi dan misinya dapat diketahui oleh masyarakat melalui media sosial ataupun media daring. Kampanye dapat dikatakan efektif apabila cara atau strategi bisa dijalankan dengan baik, begitu pula bagi para pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar tahun 2020 ini yang mempunyai target tertentu dalam berkampanye melalui media sosial.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumen. Landasan dari penelitian ini menempatkan kerangka konsep kampanye politik, media sosial sebagai saran kampanye, komunikasi politik, dan efektifitas sebagai lensa penelitian.
Hasil penelitian ini menemukan Pencapaian pasangan calon beserta tim pemenangan dalam Pilkada tahun ini menghasilkan penilaian yang beragam sesuai dengan kriteria yang di miliki oleh pasangan calon. Sehingga dapat penulis simpulkan bahwa pelaksanaan kampanye melalui media sosial pada Pilkada Kota Makassar tahun 2020 di tengah pandemi covid 19 dapat dikatakan efektif terhadap hasil suara pasangan calon dengan faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi pasangan calon di lapangan.
Kata kunci : Kampanye, Media Sosial, Efektifitas

Item Type: Thesis (Skripsi-S1)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Oct 2021 03:45
Last Modified: 18 Oct 2021 03:45
URI: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/7875

Actions (login required)

View Item
View Item