PENCITRAAN SELEBRITAS POLITISI DI BLOG KOMPASIANA (ANALISIS WACANA KRITIS PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PROVINSI JAWA BARAT 2013)

PUTRI, CITRA F.I.L DANO (2013) PENCITRAAN SELEBRITAS POLITISI DI BLOG KOMPASIANA (ANALISIS WACANA KRITIS PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PROVINSI JAWA BARAT 2013). Thesis-S2 thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
citrafilda cover1.jpg

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
citrafilda 1-2.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
citrafilda dapus.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
citrafilda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Masyarakat masih kurang dapat menerima kehadiran politisi yang berasal dari kaum selebriti, karena dianggap hanya mengandalkan popularitas dan penampilan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kompasianer (anggota dari blog Kompasiana) mencitrakan selebritas politisi yang menjadi kandidat dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2013. Peneliti mengumpulkan 29 postingan yang dipublikasikan dalam blog Kompasiana, berdasarkan tiga periode yaitu; pra kampanye, kampanye, dan pasca kampanye. Kesemua postingan ini kemudian dianalisis berdasarkan metode Analisis Wacana Kritis, dengan model pendekatan Teun Van Dijk. Model Van Dijk ini telah dielaborasi kedalam struktur dan elemen-elemen wacana, agar peneliti lebih mudah menentukan unit teks yang akan dianalisis. Penelitian ini menemukan bahwa selebritas menjadi faktor dominan dalam pilkada Jawa Barat, dan Rieke Diah Pitaloka menjadi yang paling populer diantara para kandidat. Kompasianer mencitrakan selebritas politisi berdasarkan citra subyektif (emosi/afeksi) dan obyektif (logika/kognisi). Citra subyektif adalah ekspresi emosi Kompasiana tentang ketiganya (suka/tidak suka, setuju/tidak setuju). Sedangkan citra obyektif adalah persepsi tentang diri ketiga selebritas yang terbentuk berdasarkan kognisi Kompasiana. Pencitraan ini menggunakan dua alat ukur yaitu: kesan dan kepercayaan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa citra subjektif dan objektif tersebut sebagian besar diakibatkan oleh liputan media tentang selebritas yang bersangkutan. Citra ini kemudian menjadi sulit dilepaskan walaupun selebritas telah berkecimpung lama di dunia politik.

Item Type: Thesis (Thesis-S2)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 18 Oct 2021 03:15
Last Modified: 18 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/7857

Actions (login required)

View Item
View Item