ANALISIS PATIENT EXPERIENCE DENGAN MENGGUNAKAN IMPORTAN PERFORMANCE ANALISYS SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PADA RSUD PUSAT RUJUKAN REGIONAL DI SULAWESI SELATAN TAHUN 2019

NAWIR, NASARUDDIN (2020) ANALISIS PATIENT EXPERIENCE DENGAN MENGGUNAKAN IMPORTAN PERFORMANCE ANALISYS SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PADA RSUD PUSAT RUJUKAN REGIONAL DI SULAWESI SELATAN TAHUN 2019. Thesis-S2 thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012171148_tesis_23-10-2020(FILEminimizer)_Hal_Judul1.jpg

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 dan 2] Text (Bab 1 dan 2)
K012171148_tesis_23-10-2020(FILEminimizer)_1-2.pdf

Download (931kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
K012171148_tesis_23-10-2020(FILEminimizer)_Daftar Pustaka dan Lamp..pdf

Download (926kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012171148_tesis_23-10-2020(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pengukuran kepuasan pasien melalui patient experience diharapkan dapat memberikan strategi pengembangan mutu pelayanan rumah sakit. Importance Performance Analysis (IPA) adalah suatu teknik analisis yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kinerja dalam memenuhi patient experience. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan strategi pengembangan mutu pelayanan rumah sakit dengan menganalisis patient experience berdasarkan IPA di RSUD Pusat Rujukan Regional Sulawesi Selatan. Penelitian ini bersifat prospektif study dengan pendekatan mix method yang dilaksanakan di tiga rumah sakit pusat rujukan regional. Metode yang digunakan dalam analisis adalah metode IPA (Importance Performance Analysis). Pengambilan sampel secara proportional stratified random sampling dengan besar sampel sebanyak 381 responden. Dimensi yang berada dalam kuadran A adalah dimensi informasi dan komunikasi serta dimensi manajemen obat. Dimensi yang berada Pada kuadran B adalah dukungan emosional, manajemen Nyeri, menghargai pasien, kepercayaan kepada penyedia pelayanan, koordinasi Pelayanan, keterlibatan pasien dan keluarga. Dimensi yang berada pada Kuadran C yaitu waktu tunggu, kenyamanan lingkungan, responsive perawat dan penyediaan kebutuhan gizi. Strategi peningkatan kualitas pelayanan difokuskan pada kuadran A yang merupakan prioritas utama dan mempertahankan kualitas peayanan dimensi di kuadran B dan kemudian mempertahankan serta memperbaiki kualitas pelayanan yang ada di kuadran C. Pihak rumah sakit diharapkan melakukan perbaikan dan peningkatan terhadap kualitas pelayanan dan memperhatikan strategistrategi peningkatan kualitas dalam penelitian ini.
Kata kunci : Patient Experience, Importance Performance Analysis (IPA), Informasi, Komunikasi, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Thesis-S2)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: sri abubakar
Date Deposited: 10 Dec 2020 03:12
Last Modified: 10 Dec 2020 03:12
URI: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item
View Item