NAWIR, NASARUDDIN (2020) ANALISIS PATIENT EXPERIENCE DENGAN MENGGUNAKAN IMPORTAN PERFORMANCE ANALISYS SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PADA RSUD PUSAT RUJUKAN REGIONAL DI SULAWESI SELATAN TAHUN 2019. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
K012171148_tesis_23-10-2020(FILEminimizer)_Hal_Judul1.jpg
Download (284kB) | Preview
K012171148_tesis_23-10-2020(FILEminimizer)_1-2.pdf
Download (931kB)
K012171148_tesis_23-10-2020(FILEminimizer)_Daftar Pustaka dan Lamp..pdf
Download (926kB)
K012171148_tesis_23-10-2020(FILEminimizer).pdf
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Pengukuran kepuasan pasien melalui patient experience diharapkan dapat memberikan strategi pengembangan mutu pelayanan rumah sakit. Importance Performance Analysis (IPA) adalah suatu teknik analisis yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kinerja dalam memenuhi patient experience. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan strategi pengembangan mutu pelayanan rumah sakit dengan menganalisis patient experience berdasarkan IPA di RSUD Pusat Rujukan Regional Sulawesi Selatan. Penelitian ini bersifat prospektif study dengan pendekatan mix method yang dilaksanakan di tiga rumah sakit pusat rujukan regional. Metode yang digunakan dalam analisis adalah metode IPA (Importance Performance Analysis). Pengambilan sampel secara proportional stratified random sampling dengan besar sampel sebanyak 381 responden. Dimensi yang berada dalam kuadran A adalah dimensi informasi dan komunikasi serta dimensi manajemen obat. Dimensi yang berada Pada kuadran B adalah dukungan emosional, manajemen Nyeri, menghargai pasien, kepercayaan kepada penyedia pelayanan, koordinasi Pelayanan, keterlibatan pasien dan keluarga. Dimensi yang berada pada Kuadran C yaitu waktu tunggu, kenyamanan lingkungan, responsive perawat dan penyediaan kebutuhan gizi. Strategi peningkatan kualitas pelayanan difokuskan pada kuadran A yang merupakan prioritas utama dan mempertahankan kualitas peayanan dimensi di kuadran B dan kemudian mempertahankan serta memperbaiki kualitas pelayanan yang ada di kuadran C. Pihak rumah sakit diharapkan melakukan perbaikan dan peningkatan terhadap kualitas pelayanan dan memperhatikan strategistrategi peningkatan kualitas dalam penelitian ini.
Kata kunci : Patient Experience, Importance Performance Analysis (IPA), Informasi, Komunikasi, Kualitas Pelayanan
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | sangiasseri abubakar |
Date Deposited: | 10 Dec 2020 03:12 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 06:39 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/777 |