JOHANSYAH, LYDIA C (2012) DESKRIPSI KEBERSIHAN DIRI DAN SANITASI MURID SD NUSA HARAPAN PERMAI PERIODE NOVEMBER 2012. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
lydiacjoha- cover1.jpg
Download (300kB) | Preview
lydiacjoha- 1-2.pdf
Download (1MB)
lydiacjoha-.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Latar Belakang : Kebersihan diri pada anak sekolah adalah kesehatan pada seseorang atau perseorangan. Kebersihan diri atau personal hygiene dapat mempengaruhi derajat kesehatan. Personal hygiene atau kesehatan pribadi kebersihan rambut, telinga, gigi dan mulut, kuku, kulit, dan kebersihan dalam berpakaian dalam meningkatkan kesehatan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi mengenai kebersihan diri dan sanitasi pada siswa SDN Nusa Harapan Permai Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya Kelas 3, 4 dan 5 pada Bulan November 2012.
Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan mencatat data administrasi sekolah dan kuisioner terhadap 62 siswa. Analisa data diinterpretasikan kedalam bentuk persentase yaitu kedalam kategori bersih dan kotor.
Hasil : Jika dinilai dari kebersihan diri secara keseluruhan, sebanyak 87,1% responden termasuk kedalam kategori bersih dan 12,9% kotor dan didapatkan juga sanitasi lingkungan rumah dan sekolah yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebersihan diri responden sudah cukup baik.
Kesimpulan : Secara umum, hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan tingkat kebersihan diri dan sanitasi yang cukup baik. Oleh karena itu, diperlukan tindakan intervensi baik dari orang tua maupun guru di sekolah untuk menjaga dan meningkatkan kebersihan diri siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 04:33 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 04:33 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7724 |