ANALISIS HASIL UJIAN NASIONAL BERDASARKAN KARAKTERISTIK SEKOLAH DENGAN ALGORITMA KNNC4.5


Santi, Dessy (2013) ANALISIS HASIL UJIAN NASIONAL BERDASARKAN KARAKTERISTIK SEKOLAH DENGAN ALGORITMA KNNC4.5. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
dessysanti-588-1-13-dessy-i cover1.jpg

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
dessysanti-588-1-13-dessy-i 1-2.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
dessysanti-588-1-13-dessy-i dapus.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
dessysanti-588-1-13-dessy-i.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Abstrak
Kebijakan pemerintah untuk memeberikan bantuan kepada sekolah sangat berpengaruh terhadap tingkat kelulusan hasil ujian nasional setiap sekolah maka pemerintah perlu memberikan bantuan dengan tepat bagi SMA Negeri/Swasta yang membutuhkan perbaikan karakteristik sekolah.
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui gambaran klasifikasi tingkat kelulusan berdasarkan karakteristim sekolah (2) Menguji akurasi algoritma KNNC4.5 terhadap banyak data tes dan data training. Penelitian ini merupakan penelitan historis yang bersifat aplikatif sehingga dilakukan dengan metode studi pustaka, metode pengumpulan data dan pembuatan aplikasi berdasarkan hasil analisa dari metode KNNC4.5 dengan ,membagi atribut berdasarkan karakteristik sekolah yaitu data yang bernilai kuantitatif diproses dengan algoritma KNN dan data kualitatif diproses dengan algoritma C4.5 kemudian hasil kedua algoritma dikombinasi menjadi algoritma KNNC4.
Penelitian ini menghasilkan Kombinasi algoritma KNN dan algoritma C4.5 menjadi algoritma KNNC4.5 yang menghasilkan prediksi tingkat kelulusan dengan kelas 100% dan <100% dan factor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kelulusan yang mempunyai nilai akurasi 81% dengan inputan nilai k untuk proses KNN untuk nilai k yang semakin besar maka akurasi akan menurun begitu pula sebaliknya. Aturan kelulusan berdasarkan pohon keputusan dari proses C4.5. Pada akhirnya hasil penelitian ini mampu memberikan kontribusi pada pemerintah untuk kesuksesan ujian nasional sehingga meningkatnya mutu dan, kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 05 Oct 2021 01:53
Last Modified: 05 Oct 2021 01:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7600

Actions (login required)

View Item
View Item