PENGGUNAAN MULTIPLE INTELLIGENCE-BASED ACTIVITIES (MIBA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA


Husain, Dahlia (2013) PENGGUNAAN MULTIPLE INTELLIGENCE-BASED ACTIVITIES (MIBA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
dahliahusa-578-1-13-dahli-2 cover1.jpg

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
dahliahusa-578-1-13-dahli-2 1-2.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
dahliahusa-578-1-13-dahli-2 dapus.pdf

Download (902kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
dahliahusa-578-1-13-dahli-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan berdasar pada asumsi bahwa apabila perbedaan siswa di akomodasi maka hal ini dapat mengarah pada suksesnya siswa terutama dalam proses pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi 1) profil MI siswa, 2) seberapa jauh dampak penggunaan Multiple Intelligence-Based Activities (MIBA) dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dan 3) persepsi siswa terhadap penggunaan MIBA. Terdapat 2 grup homogen dari mahasiswa semester 4 di Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Gorontalo yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Instrumen penelitian termasuk MI Inventory dari McKenzie (1999), pre- tes dan pos- tes, serta kuisioner persepsi.
Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan memberikan pre dan post tes kepada kelompok kontrol dan ekperimen, diikuti dengan pemberian kuisioner untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan MIBA. Ekperimen ini berdasar pada 8 tipe intelejensi yang dikembangkan oleh Gardner (2011). Skala penilaian analitik diguunakan untuk menilai tulisan mahasiswa.
Hasil dari MI Inventory menunjukan bahwa mahasiswa kelompok eksperimen terlihat lebih cenderung memiliki intelejensi yang kuat pada Musical dan Logical Intelligence. Kemudian, hasil dari uji independent sample t-test menunjukan bahwa mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan MIBA secara signifikan lebih baik dari pada mahasiswa yang diajarkan menggunakan cara konvensional dimana nilai observasi t lebih besar dari pada nilai tabel t (2.532 > 2.042). Persepsi positif juga diperoleh dari kuisioner yang dibagikan pada mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan MIBA berdampak positif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 07 Oct 2021 02:05
Last Modified: 07 Oct 2021 02:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7563

Actions (login required)

View Item
View Item