KALMASYARI, KALMASYARI (2013) MANAJEMEN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA DAERAH DI SMP NEG. 3 TANETE RILAU, KAB. BARRU. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
kalmasyari-524-1-13-kalm-a cover.jpg
Download (201kB) | Preview
kalmasyari-524-1-13-kalm-a 1-2.pdf
Download (380kB)
kalmasyari-524-1-13-kalm-a dapus-lam.pdf
Download (1MB)
kalmasyari-524-1-13-kalm-a.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
KALMASYARI. Manajemen Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah di SMP Neg. 3 Tanete Rilau, Kab. Barru (dibimbing oleh Rahmat Muhammad dan R.S.M. Assagaf). Proses pembelajaran di sekolah merupakan kegiatan yang kompleks yang meliputi berbagai komponen yang berkaitan satu sama lain dan hendaknya dilaksanakan secara terencana. Oleh karena itu, berbagai komponen perlu dikaji dan dikembangkan sehingga mekanisme antara komponen itu secara menyeluruh dapat membawa hasil yang maksimal sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat terwujud sebagaimana yang diharapkan. Salah satu faktor yang memengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran adalah manajemen pembelajaran, sebaliknya penyebab yang sangat mendasar terhadap ketidakberhasilan sebuah pembelajaran itu terletak dari keterpurukan dari manajemen pembelajaran tersebut. Demikian pula halnya dengan manajemen pembelajaran muatan lokal bahasa daerah yang seyogianya mendapat perhatian lebih sebagai salah satu kekayaan dan identitas daerah yang perlu dilestarikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran muatan lokal bahasa daerah yang diterapkan di SMP Neg. 3 Tanete Rilau, Kab.Barru, serta faktor pendukung dan penghambat penerapannya.Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pengumpulan data diperoleh melalui metode observasi, wawancara (interview) dengan bentuk wawancara terbuka (open interview), dan metode dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran muatan lokal bahasa daerah yang diterapkan di SMP Neg. 3 Tanete Rilau terlaksana dengan baik, hal itu dibuktikan dengan perencanaan yang dilakukan dengan matang, pengorganisasian yang tepat, penggerakan yang efektif, serta pengawasan yang efektif. Hampir tidak ada kendala atau hambatan dalam penerapannya karena didukung oleh banyak faktor, seperti SDM yang berkualitas, kelengkapan sarana dan prasarana, media dan sumber belajar, serta didukung oleh sikap positif pimpinan terhadap pengembangan kualitas pembelajaran muatan lokal bahasa daerah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 00:48 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 00:48 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7545 |