A SEMIOPRAGMATIC ANALYSES OF STARBUCKS PROMOTIONAL ADVERTISEMENT IN INSTAGRAM


LESTARI, TRI ANANDA (2021) A SEMIOPRAGMATIC ANALYSES OF STARBUCKS PROMOTIONAL ADVERTISEMENT IN INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041171531_skripsi cover1.png

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041171531_skripsi 1-2.pdf

Download (896kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041171531_skripsi dp.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041171531_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

TRI ANANDA LESTARI (F041171531). Analisis Semiopragmatic pada Promosi Iklan Starbucks di Instagram (Dibimbing oleh Abidin Pammu dan Kamsinah)
Slogan dan gambar biasanya mewakili sebuah produk dalam sebuah iklan. Slogan terdiri atas frase atau kalimat, sedangkan gambar terdiri atas orang atau orang lain dengan latar belakang. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan cara untuk menyampaikan pesan dalam iklan promosi Starbucks dan untuk mendeskripsikan tindak tutur yang paling banyak digunakan dalam iklan tersebut. Teori tindak ilokusi Searle (1977).
Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Dari analisis verbal dan non verbal ini, peneliti menemukan tindak ilokusi yang paling banyak digunakan menurut teori Searle. Kesimpulannya adalah pengiklan membuat gambar yang berbeda dari setiap iklan. Gambar mendukung tagline dan body copy iklan. Pengiklanan menginginkan konsumen bisa datang ke Starbucks kapanpun konsumen mau karena promo selalu ada dan bebas memilih.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis verbal, terdapat 4 tindakan asertif dan 3 tindakan komisif menurut teori Searle yang ditemukan pada tagline di iklan tersebut. Tindak ilokusi pertama yang ditemukan dalam penelitian ini adalah asertif. Pertama karena pengiklan ingin produknya dikenal dan membujuk pembaca dengan menggunakan informasi, deskripsi, klaim, dan pernyataan. Kedua adalah tindakan komisif, karena Starbucks ingin membujuk orang untuk datang ke toko mereka dengan adanya promo. Dari analisis non verbal, peneliti menemukan tanda-tanda pada setiap gambar latar yang kemudian diubah menjadi objek dan interpretasi melalui proses kognisi.
Kata kunci : Pragmatik, tindak ilokusi, semiologi, iklan, Starbucks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Oct 2021 06:55
Last Modified: 06 Oct 2021 06:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7521

Actions (login required)

View Item
View Item