THE SOCIAL STATUS IN BRONTE’S JANE EYRE


SUKIRMAN, TITA PUSPITA (2021) THE SOCIAL STATUS IN BRONTE’S JANE EYRE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041171013_skripsi cover1.png

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041171013_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041171013_skripsi dp.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041171013_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tita Puspita Sukirman. 2021. The Social Status In Bronte’s Jane Eyre. (Dibimbing oleh Abbas dan Andi Inayah Soraya)
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan status sosial dan pengaruhnya terhadap karakter tokoh utama serta upaya yang dilakukan untuk mewujudkan mimpinya untuk meningkatkan status sosial dalam novel Jane Eyre karya Charlotte Bronte. Penulis juga mengeksplorasi perbedaan status sosial diantara tokoh-tokohnya yang berdampak pada hubungan sosial mereka.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Strukturalisme Murni, metode penelitian ini digunakan untuk menganalisis unsur-unsur intrinsik seperti penokohan, alur, latar, dan tema. Penulis menggunakan metode kualitatif dalam menganalisis data dan menyajikan hasil analisis tersebut secara deskriptif. Data utama penelitian adalah novel Jane Eyre karya Charlotte Bronte.
Hasil analisis ini menunjukkan status sosial dan pengaruhnya untuk memperjuangkan kehormatan. Perbedaan status sosial tampak pada latar belakang keluarga. Adanya status sosial memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan tokoh utama dalam cerita, seperti perasaan, pola pikir, dan masa depan mereka. Selain itu, penelitian ini menggambarkan perjuangan yang dilakukan oleh Jane Eyre demi kelangsungan hidupnya dan mendapat kebahagiaan.
Kata Kunci: Status sosial, Pendekatan Strukturalisme, Novel Jane Eyre

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Oct 2021 00:39
Last Modified: 06 Oct 2021 00:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7511

Actions (login required)

View Item
View Item