EFEKTIVITAS DAN POTENSI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (Life Skills) BAGI ANAK PUTUS SEKOLAH DI KABUPATEN GOWA


ROSPINAH, ROSPINAH (2008) EFEKTIVITAS DAN POTENSI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (Life Skills) BAGI ANAK PUTUS SEKOLAH DI KABUPATEN GOWA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
rospinah-308-1-ps0316 COVER1.jpg

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
rospinah-308-1-ps0316 1-2.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
rospinah-308-1-ps0316 DAPUS.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
rospinah-308-1-ps0316.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
ROSPINAH. Efektivitas dan Potensi Pengembangan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills ) Bagi Anak Putus Sekolah di Kabupaten Gowa (dibimbing oleh Bambang Heryanto dan Ria Wikantari.
Tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) mengukur tingkat efektivitas pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup bagi anak putus sekolah di Kabupaten Gowa, dan (2) mengetahui potensi wilayah yang mendukung pelaksanaan program Life Skills di Kabupaten Gowa.
Penelitian dilaksanakan dari Bulan April sampai Juli 2008 di Kecamatan Pallangga dan Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah eksplanatoris, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif-kualitatif. Analisis data menggunakan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) indikator efektivitas program Life Skills yang paling tinggi adalah menekan tingkat pengangguran, sementara indikator; peningkatan produksi, pemasaran hasil usaha, dan peningkatan penghasilan ekonomi dinilai kurang efektif. (2) Efektivitas pelaksanaan program Life Skills di Kecamatan Pallangga terjadi pada indikato r diversifikasi usaha, dan di Kecamatan Pallangga diperoleh pada indikator diversifikasi usaha dan kesesuaian produk dengan kecakapan hidup. Indikator yang lain, yaitu; pemasaran produk secara kontinyu, lokasi pemasaran, dan kemandirian PKBM memiliki nilai kurang efekif. (3) Potensi wilayah yang mendukung program Life Skills sangat efektif meningkatkan pendidikan secara non-formal dan prasarana. Nilai efektif diperoleh pada indikator penyerapan tenaga kerja, dan nilai kurang efektif pada indikator; kesesuaian jenis kecakapan hidup yang dikembangkan dengan daya dukung sumberdaya lokal, ketersediaan sarana, dukungan kebijakan, dan dukungan kelembagaan. (4) Diperlukan re-desain pengembang program pendidikan kecakapan hidup sehingga bersinergis dengan kebijakan pengembangan wilayah Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 06 Oct 2021 00:10
Last Modified: 06 Oct 2021 00:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7492

Actions (login required)

View Item
View Item