THE EFFECTIVENESS OF THINK-PAIR SHARE STRATEGY IN IMPROVING VISUALLY IMPAIRED STUDENTS’ SPEAKING SKILL AT SLB-A YAPTI MAKASSAR = (EFEKTIVITAS STRATEGI THINK-PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA TUNA NETRA PADA SLB-A YAPTI MAKASSAR)


RAHMAT J, RAHMAT J (2021) THE EFFECTIVENESS OF THINK-PAIR SHARE STRATEGY IN IMPROVING VISUALLY IMPAIRED STUDENTS’ SPEAKING SKILL AT SLB-A YAPTI MAKASSAR = (EFEKTIVITAS STRATEGI THINK-PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA TUNA NETRA PADA SLB-A YAPTI MAKASSAR). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F022182002_tesis cover1.png

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F022182002_tesis 1-2.pdf

Download (845kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F022182002_tesis dp.pdf

Download (852kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F022182002_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

RAHMAT J: Efektivitas Strategi Think-Pair-Share dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Tunanetra di SLB-A Yapti Makassar ( Dibimbing oleh Abidin Pammu dan Ria Jubhari)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah penggunaan strategi Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI SLB-A Yapti Makassar tahun pelajaran 2020/2021 atau tidak, dan menganalisa persepsi mereka terhadap penerapan strategi tersebut.
Data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan cara mengamati proses belajar mengajar selama penerapan strategi TPS dan wawancara dengan siswa tentang strategi ini. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dengan menilai kemampuan berbicara siswa melalui pre-test dan post-test. Instrumen pengumpulan data adalah rubrik berbicara, pedoman observasi, dan pedoman wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi TPS efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa tunanetra. Ada perbedaan skor yang signifikan pada kinerja berbicara siswa pada pretest dan posttest. Frekuensi dan persentase nilai siswa dalam kategori tertentu yang menunjukkan hasil post-test lebih tinggi dari hasil pre-test.
Meskipun demikian, strategi TPS juga memiliki kekurangan yaitu memakan waktu yang sangat lama selama implementasi karena siswa perlu ditangani dengan pelajaran yang diberikan dan pembaca layar.
Keywords: Efektivitas, think-pair share, tunanetra , berbicara, TPS

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Oct 2021 00:45
Last Modified: 05 Oct 2021 00:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7423

Actions (login required)

View Item
View Item