SULBANIR, RESKI YULIANA (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM HOME CARE (DOTTOROTTA) SAAT PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS KASSI KASSI KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K011171034_skripsi cover1.jpg
Download (223kB) | Preview
K011171034_skripsi bab 1-2.pdf
Download (1MB)
K011171034_skripsi dapus-lamp.pdf
Download (869kB)
K011171034_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Reski Yuliana Sulbanir. “Implementasi Program Home Care (Dottorotta) saat Pandemi COVID-19 di Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar”
Home Care adalah layanan kesehatan di rumah tempat tinggal pasien yang yang bisa diperoleh melalui dengan menghubungi call centre 112. Home Care merupakan salah satu layanan kesehatan di Puskesmas. Namun, saat ini pandemic COVID-19 telah mempengaruhi seluruh aspek dalam kehidupan tak terkecuali pelaksanaan Home Care di Puskesmas Kassi Kassi.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi, sumber daya, sikap dan struktur birokrasi pelaksanaan Home Care saat pandemic COVID-19 di Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk untuk mengeksplorasi fenomena dan informasi mengenai implementasi program Home Care (Dottorotta) saat pandemi COVID-19 di Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar. Penelitian
yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juni sampai 12 Juli 2021. Adapun teknik pengumpulan data yaitu data sekunder terdiri dari jumlah kunjungan Home Care dan buku pedoman Home Care dan data primer yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yang terdiri dari Kepala Puskesmas Kassi Kassi, Koordinator Home Care, petugas Home Care dan 3 orang pasien Home Care Puskesmas Kassi Kassi Kota
Makassar saat pandemi COVID-19.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Puskesmas Kassi Kassi saat pandemi COVID-19 bahwa komunikasi Home Care kepada Dinas Kesehatan Kota Makassar tetap sama seperti sebelum pandemi, komunikasi yang berbeda saat pandemi yaitu sebelum petugas mendatangi pasien terlebih dahulu melakukan kesepakatan jika petugas Home Care menggunakan APD serta tidak ada lagi sosialisasi kepada masyarakat mengenai pelaksanaan Home Care terutama saat pandemi COVID-19. Kemudian sumber daya atau petugas Home Care saat pandemi COVID-19 tetap sama dengan yang bertugas di Puskesmas dan tidak ada kriteria khusus, tidak ada lagi pelatihan khusus kepada petugas Home Care saat pandemi dan pasien juga memberikan kesan yang baik kepada tim Home Care. Selanjutnya sikap petugas maupun pasien yaitu baik dalam berkomitmen
menjalankan maupun menerima layanan Home Care serta pasien juga sepakat jika tim Home Care menggunakan APD saat bertugas. Struktur birokrasi pelaksanaan Home Care di Puskesmas Kassi Kassi sudag berjalan sesuai SOP hanya saja tidak ada struktur organisasi yang dibuat untuk tim Home Care.
Selama masa pandemi COVID-19 sebaiknya sosialisasi mengenai pelaksanaan Home Care diberikan kepada masyarakat bahwa tim Home Care menggunakan APD saat menjalankan tugas dan sebaiknya ada petugas Home Care khusus dari yang bertugas di Puskesmas saat pandemi COVID-19.
Kata Kunci: Home Care, komunikasi, sumber daya, sikap, struktur birokrasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 04:20 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 04:20 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7353 |