PEMASARAN BERBASIS NILAI MELALUI PENINGKATAN PENJUALAN PT. SEMEN TONASA


PRAMONO, AGUS SIDIK (2008) PEMASARAN BERBASIS NILAI MELALUI PENINGKATAN PENJUALAN PT. SEMEN TONASA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
agussidikp-519-1-pra2009 cover.jpg

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
agussidikp-519-1-pra2009 1-2.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
agussidikp-519-1-pra2009 dapus-lam.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
agussidikp-519-1-pra2009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
AGUS SIDIK PRAMONO. Pemasaran Berbasis Nilai Melalui Peningkatan Penjualan PT. Semen Tonasa (dibimbing oleh Abd. Rahman Kadir dan Otto R. Payangan).
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui posisi pada PT Semen Tonasa, (2) menentukan strategi pemasaran yang berbasis nilai yang dapat dilakukan pada kondisi perusahaan dan situasi pasar saat ini.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif dengan dua alat analisis , yaitu paired sample T test dan matrix performance-importace secara sistimatis yang kemudian digunakan dalam perencanaan strategis pemasaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai bauran pemasaran PT. Semen Tonasa, baik secara total maupun per demensi relative cukup baik. Terdapat perbedaan antara nilai tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan. Hal ini berarti ada kesenjangan antara tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan yang harus diperhatikan oleh pihak manajemen perusahaan dalam usaha untuk meningkatkan volume penjualan.
Berdasarkan analisis matrix performance-importance, diketahui bahwa ada beberapa faktor yang memiliki tingkat kepentingan tinggi, namun berada pada kinerja yang rendah, yakni pada posisi kuadran A sehingga perlu adanya upaya dari pihak manajemen untuk menggeser ke posisi kuadran B.
Semen Tonasa dalam usaha meningkatkan penjualan yang berdasar pada nilai pemasaran yaitu dengan pengembangan strategi komunitas pemasaran yaitu membangun kedekatan dengan komunitas yang berperan penting secara langsung dan tidak langsung dalam proses pembelian semen.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 05 Oct 2021 00:25
Last Modified: 05 Oct 2021 00:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7248

Actions (login required)

View Item
View Item