Hidayat, Muhammad Syafril (2021) ANALISIS PENGARUH FIN DAN DIMPLE KONFIGURASI SEJAJAR TERHADAP HAMBATAN AERODINAMIKA PADA MODEL KENDARAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
D021171005_skripsi cover1.png
Download (89kB) | Preview
D021171005_skripsi 1-2.pdf
Download (3MB)
D021171005_skripsi dp.pdf
Download (461kB)
D021171005_skripsi.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2026.
Download (8MB)
Abstract (Abstrak)
Muhammad Syafril Hidayat, Analisis pengaruh fin dan dimple konfigurasi sejajar terhadap hambatan aerodinamika pada model kendaraan (dibimbing oleh Dr. Rustan Tarakka, S.T., M.T., dan Dr. Eng. Jalaluddin, S.T., M.T.).
Penelitian berlokasi di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin tepatnya di laboratorium mekanika fluida departemen Teknik Mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol pasif berupa fin dan dimple konfigurasi sejajar terhadap drag aerodinamika model kendaraan. Objek penelitian ini adalah Ahmed body yang telah dimodifikasi arah aliran serta kemiringan geometri muka 30o. Penelitian dilakukan dengan dua pendekataan yaitu pendekataan komputasi memanfaatkan program Computational Fluid Dynamics (CFD) dan pendekatan eksperimental dengan menggunakan Subsonic wind Tunnel yang tersedia di laboratorium mekanika fluida. Untuk pendekataan komputasi diperoleh data berupa karakteristik aliran, koefisien tekanan (CP), dan koefisien drag (CD). Namun pada pendekataan eksperimental hanya difokuskan untuk memvalidasi koefisien drag memanfaatkan perangkat load cell. Terdapat tiga jenis fin yang digunakan dan tiga variasi posisi yaitu 1.5 mm, 11.5 mm, dan 21.5 mm yang diukur dari dinding belakang model uji. Selain itu terdapat kontrol pasif berupa dimple konfigurasi sejajar dengan dimple ratio 0.5 yang diletakkan pada sisi melengkung bagian belakang model uji. Kecepatan upstream yang dialirkan masing-masing 11.1 m/s, 13.9 m/s, 16.7 m/s, 19.4 m/s, 22.2 m/s. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penambahan kontrol pasif berupa fin dan dimple konfigurasi sejajar dapat menunda separasi aliran dan memperkecil olakan pada bagian belakang model uji. Nilai koefisien tekanan minimum mampu ditingkatkan dan mengurangi nilai koefisien drag dengan reduksi tertinggi sebesar 8.999 % untuk pendekatan komputasi dan 9.375 % untuk pendekatan eksperimental.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 02:54 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 02:54 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7206 |