ANALISIS STANDAR PELAYANAN MINIMAL TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA IMB PADA DINAS TATA RUANG DAN PERMUKIMAN KABUPATEN LUWU


DAUD, ANDALIA (2008) ANALISIS STANDAR PELAYANAN MINIMAL TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA IMB PADA DINAS TATA RUANG DAN PERMUKIMAN KABUPATEN LUWU. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C COVER1.jpg

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C 1-2.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C DAPUS.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
C.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Hj. Andalia Daud, ST. Analisis Standar Pelayanan Minimal terhadap Kepuasan Pengguna Jasa IMB pada Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Luwu . Dibimbing oleh Haris Maupa dan Mahlia Muis.
Penelitian ini bertujuan: (i) untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh standar pelayanan minimal berupa pelayanan yang sederhana, tepat waktu, terbuka, tidak diskriminan, efisien dan ekonomis terhadap tingkat kepuasan pengguna jasa IMB pada Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Luwu; dan (ii) untuk mengkaji dan menganalisis standar pelayanan minimal yang dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pengguna jasa IMB pada Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Luwu.
Penelitian ini bersifat survey dengan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah 369 orang pengguna jasa IMB dan sampel 55 responden (random sampling 15%). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) standar pelayanan minimal berupa pelayanan yang sederhana, tepat waktu, terbuka, tidak diskriminatif, efisien dan ekonomis secara simultan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pengguna jasa IMB pada Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Luwu, yang ditunjukkan dari hasil perolehan nilai koefisien korelasi (R), koefisien determinan (R2), dan uji-F yang menunjukkan probabilitas p < 0.05; dan (ii) variabel efisien merupakan variabel standar pelayanan minimal yang dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pengguna jasa IMB pada Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Luwu, berdasarkan hasil perolehan nilai koefisien regresi (B) yang menunjukkan nilai yang positif yang tinggi dan probabilitas p < 0.05.
Saran yang diberikan bagi pengambil keputusan pada Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Luwu, perlu lebih ditingkatkan lagi penerapan standar pelayanan minimal yang terdiri dari pelayanan yang sederhana, tepat waktu, terbuka, tidak diskriminatif, efisien dan ekonomis, sehingga terwujud tingkat kepuasan dari pengguna jasa IMB yang sesuai dengan harapan, keinginan, kebutuhan, kualitas dan keuntungan atas pelayanan yang diterima.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 04 Oct 2021 05:16
Last Modified: 04 Oct 2021 05:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7203

Actions (login required)

View Item
View Item