ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN PENJUALAN KREDIT MOBIL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PT. BOSOWA BERLIAN MOTOR


YAS, ABDUL RAUF (2009) ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN PENJUALAN KREDIT MOBIL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PT. BOSOWA BERLIAN MOTOR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
abdulraufy-217-1-ps0209 cover.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
abdulraufy-217-1-ps0209 1-2.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
abdulraufy-217-1-ps0209 dapus-lam.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
abdulraufy-217-1-ps0209.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan penjualan kredit mobil terhadap kinrja Keuangan PT. Bososwa Berlian Motor Makassar.
Untuk mengungkap permasalahan, diadakan penelitian dengan mempergunakan Penelitian ini menggunakan data primer (primary data) yaitu data yang diperoleh dari perusahaan melalui hasil wawancara dan jawaban tertulis dari daftar pertanyaan yang diajukan. Selain itu juga digunakan data sekunder yang diperoleh secara langsung dari laporan-laporan PT. Bosowa Berlian Motor berupa Management Information System (MIS) yang diterbitkan secara periodik dan Laporan Tahunan (Annual Report) yang telah dipublikasikan. Data sekunder yang berupa Laporan Keuangan (Neraca dan Perhitungan Laba Rugi serta cash flow.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa faktor kebijakan penjualan kredit mobil yang dijalankan perusahaan belum efektif, karena tingginya penjualan kredit mobil kredit yang bermasalah. Kondisi ini mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan yang terlihat dari Rasio likuiditas perusahaan mengalam penurunan pada 2004 rata-rata 22 persen dimana aktiva lancar menignkat rata-rata 17,65 %, sedangkan peningkatan aktiva lancar hanya rata-rata sebesar 7,45 %, Rasio aktivtas perusahaan pada tahun 1998 - 2002 mengalami penurunan rata-rata 5,17 % dimana peningkatan pendapatan tidak sebanding dengan peningkatan penjualan kredit usaha rata-rata 18,41 %, Rasio solvabilitas perusahaan pada tahun 2000 -2004 mengalami peningkatan rata-rata 9,71 %, Rasio rentabilitas pada tahun 2000 - 2004 mengalami penurunan rata-rata 23 %.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:32
Last Modified: 29 Sep 2021 01:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7000

Actions (login required)

View Item
View Item