READING STRATEGIES USED BY EFL LEARNERS AT INDONESIAN MUSLIM UNIVERSITY


ASSAQAF, ABDILLAH (2006) READING STRATEGIES USED BY EFL LEARNERS AT INDONESIAN MUSLIM UNIVERSITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
abdillahas-225-1-ps0217 cover.jpg

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
abdillahas-225-1-ps0217 1-2.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
abdillahas-225-1-ps0217 dapus-lam.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
abdillahas-225-1-ps0217.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Menyimak wacana sebagai suatu mata kuliah wajib di Jurusan Bahasa Inggris akan banyak mendukung paling tidak dalam hal mendapatkan informasi dan memajukan kemampuan mahasiswa dalam Bahasa Inggris. Dan bahkan, untuk pengharapan lebih lanjut, sebagai suatu kecakapan hidup dalam rangka mendukung masa depan mereka.
Berkenaan dengan memahami suatu teks atau bahkan memiliki suatu kemampuan yang baik dalam menyimak, seorang penyimak harus mempunyai pengetahuan kebahasaan, dan wawasan semesta. Terhadap hal ini, adalah suatu hal yang agaknya sukar terpenuhi sebagai seorang mahasiswa. Namun demikian, seorang pembelajar bahasa yang baik biasanya memperlengkapi dirinya dengan tindak, langkah, dan sikap khusus dalam memudahkannya menyimak dengan baik. Dengan kata lain, menggunakan strategi atau siasat menyimak wacana.
Berdasarkan phenomena di atas, kajian ini diarahkan untuk menggambarkan strategi menyimak yang mahasiswa terapkan, dan membandingkan antara penggunaan strategi menyimak dengan prestasi akademik menyimak mahasiswa.
Dua puluh mahasiswa jurusan bahasa Inggris terekrut dalam kajian ini. Responden tersebut diminta mengisi kuesioner yaitu inventarisasi strategi menyimak, kuesioner ini memuat jenis tanggapan a, b, c, d, dan e dan skor atau nilai tanggapan berturut-turut 1, 2, 3, 4, 5. Data yang terkumpul ditabulasi dan dianalisa dengan menggunakan statistic deskripsi untuk menentukan strategi menyimak dan kategori strategy belajar yang digunakan oleh mahasiswa. Selanjutnya, untuk mencari tahu apakah strategy menyimak dan prestasi akademik menyimak berkorelasi atau tidak. Keputusan diambil dengan menghitung skor total strategi menyimak dan skor rata-rata kategori strategi belajar. Skor ini dihubungkan dengan angka interval.
Kajian ini mengungkap bahwa mahasiswa cenderung mnggunakan strategi pada tingkat frekuensi agak dan biasanya. Dan bahwa terdapat suatu korelasi yang kuat antara strategi menyimak dengan prestasi menyimak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:24
Last Modified: 29 Sep 2021 01:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6991

Actions (login required)

View Item
View Item