HARUN, YAHYA AKUBA (2005) ANALISIS MARGIN PEMASARAN JAGUNG DI KABUPATEN GORONTALO. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
yahyaakuba cover1.jpg
Download (204kB) | Preview
yahyaakuba 1-2.pdf
Download (91kB)
yahyaakuba dapus-lam.pdf
Download (10kB)
yahyaakuba.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (190kB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
YAHYA A. HARUN. Analisis Margin Pemasaran Jagung di Kabupaten Gorontalo. (Dibimbing oleh Rahim Darma dan Zulzain Ilahude).
Tujuan penelitian adalah (1) Untuk melihat saluran pemasaran jagung (2) menganalisis tingkat margin pemasaran jagung. Kabupaten Gorontalo memiliki komoditi unggulan yaitu jagung dan telah diupayakan peningkatan produksi dengan program ”sejuta ton jagung dan ditetapkannya sentra produksi jagung, namun upaya ini harus diimbangi dengan upaya memperbaiki sistim pemasaran ke arah yang lebih baik, sehingga dapat peningkatan produksi dan pendapatan petani. Hal ini disebabkan sistem pemasaran sangat tergantung pada institusi lain diluar pertanian, sehingga dalam operasionalnya harus bermitra, khususnya bila produksi melimpah. Suatu komoditas yang dihasilkan oleh produsen untuk sampai pada pengguna atau konsumen tidak lepas dari lembaga pemasaran lainnya seperti padagang pengumpul, pedagang besar dan eksportir.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 06:39 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 06:39 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6918 |