CONSUMER SWITCHING COST PRODUK PRABAYAR GSM KE CDMA TELKOM FLEXI


MAYNARKO, KOKOK (2008) CONSUMER SWITCHING COST PRODUK PRABAYAR GSM KE CDMA TELKOM FLEXI. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
kokokmayna cover.jpg

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
kokokmayna 1-2.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
kokokmayna dapus-lam.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
kokokmayna.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
KOKOK MAYNARKO. “Consumer Switching Cost” Produk Prabayar GSM ke CDMA TelkomFlexi. (Dibimbing oleh Abd. Rahman Kadir dan Muh. Idrus Taba). Tujuan penelitian ini adalah untuk : a. mengetahui peringkat Switching Cost konsumen yang menghambat konsumen untuk pindah dari layanan GSM ke layanan CDMA TelkomFlexi, b. mengetahui signifikansi pengaruh kompleksitas produk (Product Complexity) dan tingkat penggunaan produk (Breadth Of Use) terhadap Switching Cost konsumen. Untuk menganalisis data-data yang berhasil dikumpulkan digunakan alat analisis kualitatif diskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. secara peringkat tipe Switching Cost yang mempengaruhi konsumen untuk tidak mau pindah ke CDMA TelkomFlexi mulai dari yang peringkat tertinggi hingga peringkat yang terendah adalah : Change Telephone Number, Monetary Loss Cos t, Benefit Loss Cost, Evaluation Cost, Learning Cost dan Economic Risk Cost. 2. Antesenden Product Complexity dan Breadth of Use berpengaruh signifikan terhadap keseluruhan tipe Switching Cost. Variabel Breadth of Use memiliki kontribusi pengaruh yang lebih besar terhadap variabel-variabel Switching Costs dibandingkan dengan variabel Product Complexity. Dan pengaruh terbesar ke tipe Change Telephone Number. 3. dilihat dari pernyataan Intention to Switch to CDMA yang digunakan untuk mengukur kemungkinan para responden untuk berpindah dari layanan GSM ke layanan CDMA TelkomFlexi, terlihat bahwa konsumen kemungkinan besar akan tetap bertahan pada layanan GSM. Hal ini dipertegas lagi dari pernyataan mengenai Change Telephone Number yang terlihat bahwa konsumen tidak ingin mengganti nomor teleponnya karena pertimbangan resiko akan kehilangan relasi. Dari kedua hal ini dapat disimpulkan bahwa ada kemungkinan para konsumen untuk berpindah ke CDMA TelkomFlexi tetapi hanya sebagai pendamping GSM bukan sebagai pengganti GSM.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:12
Last Modified: 27 Sep 2021 02:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6909

Actions (login required)

View Item
View Item