PENGARUH KESAMAAN KARAKTERISTIK SUB BUDAYA DAN PRIBADI ANTARA PELANGGAN DENGAN AGEN PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK PADA PT. ASURANSI JASINDO (PERSERO) CABANG MAKASSAR


PARLINDUNGAN, DANIEL (2008) PENGARUH KESAMAAN KARAKTERISTIK SUB BUDAYA DAN PRIBADI ANTARA PELANGGAN DENGAN AGEN PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK PADA PT. ASURANSI JASINDO (PERSERO) CABANG MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
danielparl-127-1-ps074 cover.jpg

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
danielparl-127-1-ps074 1-2.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
danielparl-127-1-ps074 dapus.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
danielparl-127-1-ps074.pdf

Download (279kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Penelitian bersifat retrospektif ini bertujuan untuk : a) menganalisa pengaruh kesamaan karakteristik sub budaya (agama, suku, ras dan bahasa daerah) dan karakteristik pribadi (gaya hidup) antara pelanggan dan agen penjualan terhadap minat beli produk pada PT. Asuransi Jasindo (Persero) Cabang Makassar dan b) menganalisa faktor yang dominan mempengaruhi minat beli konsumen melalui agen penjualan PT. Asuransi Jasindo (Persero).
Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif dananalisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) kesamaan latar belakang sub budaya dan karekteristik pribadi secara bersama-sama secara simultan mempengaruhi minat beli pelanggan berdasarkan nilai F test sebesar 26,271 dengan signifikan pada 0,000, 2) kesamaan agama dan suku berpengaruh signifikan pada a=0,05 terhadap minat beli pelanggan, 3) kesamaan ras, bahasa daerah dan gaya hidup berpengaruh tidak signifikan pada a=0,05 terhadap minat beli pelanggan, 4) kesamaan agama pada nilai signifikan pada 0,003 merupakan variable yang dominan mempengaruhi minat beli pelanggan, 5) model hasil regresi yang digunakan dengan persamaan Y = 0,092 + 0,363 X1 + 0,288 X2 + 0,085 X3 – 0,116 X4 + 0,468 X5+ e adalah yang paling baik karena model ini menghasilkan koefisien determinasi 58,40% serta mempunyai kemampuan dalam menjelaskan signifikansi pengaruh terhadap variable dependen lebih banyak dibanding model lain.
Kesimpulan dari penilitian ini adalah dalam menetapkan strategi penjualan melalui saluran pemasaran keagenan produk asuransi masih perlu memperhatikan karakteristik sub budaya dan pribadi pelanggan maupun calon pelanggan di Makassar, khususnya penekanan terhadap pemanfaatan kesamaan agama dan suku dalam usaha-usaha pendekatan untuk menarik minat beli pelanggan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:00
Last Modified: 27 Sep 2021 02:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6905

Actions (login required)

View Item
View Item