Analisis Kapasitas Ruang Terbuka Hijau (RTH) pada Kawasan Rumah Sakit di Makassar dalam Mereduksi Emisi Kendaraan Bermotor


Ashiddiq, Muhammad Faqih (2021) Analisis Kapasitas Ruang Terbuka Hijau (RTH) pada Kawasan Rumah Sakit di Makassar dalam Mereduksi Emisi Kendaraan Bermotor. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D12114507_skripsi cover1.png

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
D12114507_skripsi 1-2.pdf

Download (703kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D12114507_skripsi dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D12114507_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan yang selanjutnya disingkat RTHKP adalah bagian dari ruang terbuka suatu kawasan perkotaan yang diisi oleh tumbuhan dan tanaman guna mendukung manfaat ekologi, sosial, budaya, ekonomi dan estetika. Kendaraan bermotor adalah kendaraan yang digerakkan oleh peralatan teknik yang berada pada kendaraan itu sendiri. Setiap kendaraan bermotor menghasilkan emisi transportasi. Dimana, emisi transportasi adalah pancaran atau pelepasan gas buang yang berasal dari sektor transportasi. Gas buang yang dimaksud adalah gas buang yang berasal dari kendaraan bermotor yang dipancarkan atau diemisikan ke udara ambien berupa gas dari berbagai jenis polutan dan partikel.
Sementara itu, pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketersediaan ruang terbuka hijau eksisting khususnya pada kemampuan pohon serta semak/perdu di ruang terbuka hijau dalam menyerap emisi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor yang beroperasi di Rumah Sakit Makassar. Rumah Sakit yang dianalisis yaitu RSIA Sitti Khadijah, RS Tadjuddin Chalid, dan RS Faisal.
Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian kualitatif. Semua data yang diperlukan untuk analisis penelitian merupakan data primer atau data yang diperoleh secara langsung di lapangan. Dalam penelitian ini, diterapkan sistem zonasi dikarenakan masingmasing area memiliki kebutuhan RTH yang berbeda-beda berdasarkan kekuatan emisi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor yang melintas di area tersebut.
Dari hasil penelitian, semua zona pada RSIA Sitti Khadijah dan RS Tadjuddin Chalid memiliki daya serap emisi kendaraaan berupa Karbon Dioksida dan Karbon Monoksida yang efisien sementara RS Faisal di Zona 2 belum dapat menyerap emisi kendaraan secara efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 23 Sep 2021 05:33
Last Modified: 23 Sep 2021 05:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6796

Actions (login required)

View Item
View Item