FAKTOR-FAKTOR BERPENGARUH TERHADAP MARJIN PEMASARAN KOMODITAS KENTANG PADA TINGKAT PEDAGANG PERANTARA DI KABUPATEN ENREKANG


Osman, Hj. A. Simpursiah (2005) FAKTOR-FAKTOR BERPENGARUH TERHADAP MARJIN PEMASARAN KOMODITAS KENTANG PADA TINGKAT PEDAGANG PERANTARA DI KABUPATEN ENREKANG. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
hjasimpurs cover1.jpg

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
hjasimpurs 1-2.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
hjasimpurs dapus-lam.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
hjasimpurs.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)

Abstract (Abstrak)

Faktor-faktor Berpengaruh Terhadap Margin Pemasaran Komoditas Kentang pada Tingkat Pedagang Perantara di
kabupaten Enrekang (dibimbing oleh Indrianty Sudirman dan Nurdin Brasit). Studi ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan atau korelasi antara karakteristik pedagang perantara yakni umur, jumlah tenaga kerja, jenis kelamin, pendidikan, lama usaha, dan laba usaha. Studi ini berusaha pula untuk menentukan besarnya pengaruh dari komponen biaya pemasaran, bunga modal, dan laba usaha terhadap marjin pemasaran. Objek penelitian ini yakni transaksi pemasaran komoditas kentang pada tingkat pedagang perantara yang beroperasi di Pasar Terminal Belajen Kalosi. Alat analisis yang digunakan yakni persamaan fungsi marjin pemasaran, teknik korelasi Pearson, dan metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laba usaha, transportasi, dan biaya tenaga kerja merupakan komponen terbesar dalam nilai margin pemasaran. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa faktor umur, jumlah tenaga kerja, pendidikan, lama usaha secara signifikan berkorelasi. Sedangkan faktor jenis kelamin, dan laba usaha tidak berkorelasi terhadap
faktor-faktor lainnya. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa nilai konstanta transportasi, susut, dan laba merupakan variabel regresi yang valid terhadap variabel margin pemasaran. Sedangkan nilai biaya tenaga kerja,
pengepakan dan retribusi merupakan faktor yang tidak valid terhadap variabel margin pemasaran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 23 Sep 2021 01:58
Last Modified: 23 Sep 2021 01:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6790

Actions (login required)

View Item
View Item