HERMAWATY, HERMAWATY (2005) ANALISIS PENDAPATAN PETANI DALAM SISTEM PEMASARAN JAGUNG DI KABUPATEN BULUKUMBA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
hermawaty cover1.jpg
Download (209kB) | Preview
hermawaty 1-2.pdf
Download (155kB)
hermawaty dapus-lam.pdf
Download (29kB)
hermawaty.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (278kB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat pendapatan petani jagung di Kabupaten Bulukumba, (2) besarnya marjin yang diterima setiap lembaga pemasaran dalam proses pemasaran jagung di Kabupaten Bulukumba, (3) tingkat efisiensi pemasaran jagung pada saluran pemasaran
yang ada. Penelitian ini bersifat deskriptif. Pengambilan sample dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak tiga puluh orang pada enam desa di Kecamatan Herlang yaitu Desa Singa, Desa Karassing, Desa Borong, Desa Gunturu dan Desa Pataro. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan analisis marjin dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan yang diterima petani jagung adalah Rp. 1.752.150,- per Ha per musim tanam dengan R/C ratio 1,56. Marjin pemasaran yang diterima setiap lembaga pemasaran
berbeda secara berturut-turut untuk saluran I pedagang pengumpul Rp 342, pedagang besar Rp 75, pedagang pengecer Rp 115, untuk saluran II pedagang besar Rp 352, pedagang pengecer Rp 230, dan untuk Saluran III pedagang pengecer Rp 350. Ketiga saluran pemasaran yang ada, saluran pemasaran III yang paling efisien (16,7 %) disusul saluran II (21,4 %) dan saluran I (28,6 %).
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 01:52 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 01:52 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6785 |