HARMANTO, HARMANTO (2005) PENGARUH PEMBELAJARAN PSIKOMOTORIK TERHADAP TINGKAT PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA (SKKNI). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
harmanto cover1.jpg
Download (208kB) | Preview
harmanto 1-2.pdf
Download (116kB)
harmanto dapus-lam.pdf
Download (27kB)
harmanto.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (228kB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Gambaran Intensitas penerapan pembelajaran psikomotorik melalui metode show and do dan praktek kerja industri pada Sekolah Menengah Kejuruan program keahlian Akomodasi Perhotelan di Sulawesi Selatan; (2) Gambaran tingkat pencapaian Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia pada Sekolah Menengah Kejuruan program keahlian Akomodasi Perhotelan; (3) Intensitas penerapan pembelajaran psikomotorik melalui metode show and do dan praktek kerja industri berpengaruh terhadap tingkat pencapaian Standar kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada SMK program keahlian Akomodasi Perhotelan di Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa pembelajaran psikomotorik pada Sekolah Menengah Kejuruan, umumnya belum dimanfaatkan sepenuhnya. Hal ini disebabkan karena minimnya pemahaman terhadap keunggulan (advantage) bila dibandingkan dengan metode lainnya Hasil penelitian menunjukan; (1) gambaran intensitas penerapan pembelajaran psikomotorik melalui metode show and do dan praktek kerja industri (Prakerin) adalah berada pada kategori sering atau tinggi, (2) Gambaran tingkat pencapaian standar kompetensi lulusan melalui uji kompetensi berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia adalah mencapai 86,99%; (3) Bahwa semakin rendah tingkat intensitas penerapan pembelajaran melalui metode psikomorik show and do maupun praktek kerja industri menyebabkan tingkat penguasaan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia cenderung rendah, sebaliknya semakin tinggi intensitas penerapan pembelajaran psikomotorik show and do maupun praktek kerja industri (Prakerin) akan menyebabkan tingkat penguasaan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, juga semakin tinggi; (4) Intensitas penerapan pembelajaran psikomorik melalui metode show and do maupun penerapan praktek kerja industri, keduanya secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pencapaian Standar kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 01:22 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 01:22 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6750 |