MUISI, ASRI ODE (2005) ANALISIS PEMASARAN KOPRA PADA TINGKAT PEDAGANG PENGUMPUL DALAM MENDORONG AGRIBISNIS KELAPA DI KABUPATEN GORONTALO. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
asriodemui cover1.jpg
Download (232kB) | Preview
asriodemui 1-2.pdf
Download (114kB)
asriodemui dapus-lam.pdf
Download (22kB)
asriodemui.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (201kB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis peranan pedagang pengumpul dalam pemasaran kopra, (2) menghitung besarnya margin pemasaran di tingkat pedagang pengumpul dan (3) menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi margin pemasaran di tingkat pedagang pengumpul. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo dengan metode yang digunakan adalah survei dengan mewawancarai dua puluh orang pedagang pengumpul. Pengambilan sampel dilakukan secara gugus bertahap di dua kecamatan yaitu Kecamatan Batudaa dan Kecamatan Bongomeme. Data di analisis deskripsi berdasarkan tabulasi frekuensi dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang pengumpul kopra merupakan lembaga pemasaran yang mempunyai peran penting dalam pemasaran kopra. Margin pemasaran kopra pada tingkat pedagang pengumpul adalah Rp. 16.915,- per kwintal kopra atau 8,10 persen dari harga pembelian kopra di tingkat petani. Keuntungan pemasaran kopra pada tingkat pedagang pengumpul dipengaruhi secara nyata oleh faktorfaktor : biaya perlakuan baru dan penyusutan, serta margin pemasaran, sementara biaya pengangkutan dan volume penjualan tidak berpengaruh nyata.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 00:56 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 00:56 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6697 |