STRATEGI PEMASARAN JAGUNG HASIL PENGEMBANGAN UPAYA KHUSUS PADI, JAGUNG, KEDELAI (UPSUS PAJALE)DI KABUPATEN MAMUJU = MARKETING STRATEGY OF DEVELOPED CORN BY (SPECIAL EFFORT TO INCREASE PRODUCTION OF RICE, CORN, SOYBEANS) UPSUS PAJALE IN MAMUJU REGENCY


EFFENDI, ZULFIANI (2021) STRATEGI PEMASARAN JAGUNG HASIL PENGEMBANGAN UPAYA KHUSUS PADI, JAGUNG, KEDELAI (UPSUS PAJALE)DI KABUPATEN MAMUJU = MARKETING STRATEGY OF DEVELOPED CORN BY (SPECIAL EFFORT TO INCREASE PRODUCTION OF RICE, CORN, SOYBEANS) UPSUS PAJALE IN MAMUJU REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P042191016_tesis cover1.png

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P042191016_tesis 1-2.pdf

Download (723kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P042191016_tesis dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P042191016_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ZULFIANI EFFENDI. Strategi Pemasaran Jagung Hasil Pengembangan Upaya Khusus Padi, Jagung, Kedelai (UPSUS PAJALE) di Kabupaten Mamuju (dibimbing oleh Ahmad Ramadhan Siregar dan Sitti Nurani Sirajuddin).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran jagung hasil pengembangan UPSUS PAJALE di Kabupaten Mamuju dan merumuskan alternatif dan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran jagung hasil pengembangan UPSUS PAJALE di Kabupaten Mamuju.
Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Responden dalam Penelitian ini di tentukan secara purposive sampling dengan mewawancarai tiga puluh tiga informan yang juga adalah responden. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang di dukung oleh data kuantitatif. Penelitian ini mengidentifikasi Faktor internal dan eksternal yang kemudian dianalisis dengan menggunakan matriks internal eksternal (IE). Hasil dari matriks IE digunakan sebagai rujukan untuk menyusun Strategi pemasaran dengan menggunakan matriks SWOT. Alternatif strategi pemasaran yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan QPSM untuk menentukan prioritas strategi yang akan dijalankan.
Hasil penelitian menunjukkan Matriks IE (Internal Eksternal) berada di sel V yaitu Konsentrasi melalui Integrasi Horizontal. Strategi ini kemudian dirumuskan di Matriks SWOT dan menghasilkan tujuh strategi pemasaran. Strategi tersebut dianalisa menggunakan QSPM dan diperoleh strategi prioritas untuk pemasaran jagung hasil UPSUS PAJALE di Kabupaten Mamuju yaitu Mendorong terbentuknya BUMD yang bergerak untuk memanfaatkan produk jagung sehingga bisa menjadi stabilisator bagi harga jagung atau mendorong investasi dan menumbuhkan industri yang menggunakan jagung sebagai bahan utamanya.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Jagung, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:54
Last Modified: 21 Sep 2021 03:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6629

Actions (login required)

View Item
View Item